Info Feed

TAHUKAH KAMU: Bahaya Rokok pada Lingkungan

Bahaya rokok. Credit Photo: drmatt.com

Sayaajarkan – Ya, ternyata rokok nggak cuma jadi salah satu penyebab kanker dan beberapa ancaman kesehatan, tapi juga buat lingkungan kita. Pastinya, bahaya rokok ini sangat merugikan kita juga anak cucu kita kelak.

Apa saja sih bahaya rokok? Yuk, kita cari tahu.

Kita mulai dari puntung rokok. Filter rokok yang terdapat di ujung batang rokok, membutuhkan waktu antara 1,5 -2,5 tahun untuk terurai di dalam tanah. Bayangkan, setiap hari berapa juta puntung rokok yang bertebaran mengotori bumi kita.

Sementara itu, puntung yang terbuang ke sungai atau air tawar butuh waktu sekitar 1 tahun dan di laut atau air asin butuh waktu lebih lama lagi sekitar 5 tahun. Padahal jumlah puntung rokok yang dibuang setiap tahunnya sangat fantastis, mencapai 4,5 trilliun di seluruh dunia.

Ketika puntung-puntung rokok dibuang, angin dan hujan membawanya ke saluran air. Kimia beracun yang dikandungnya kemudian dilarutkan pada ekosistem air dan mengancam kualitas air dan kehidupan air. Permasalahan serius lainnya adalah bahan beracun kadmium dan timah yang dikandung puntung rokok dapat larut semuanya setelah puntung rokok tersebut berada di air selama satu jam.

Bahaya rokok

Tegakah kamu meracuni hewan-hewan lucu ini dengan puntung rokokmu? Credit Photo: greens.org.au

Merusak Lingkungan dan Bahaya bagi Hewan

Puntung rokok juga mengandung bahan kimia berbahaya seperti kadmium, arsenic dan timah yang secara parsial dilepaskan ke udara selama proses merokok yang menambah menurunkan kualitas udara sekitar. Dengan puntung rokok sekitar 4,5 trilliun yang dibuang sembarangan setiap tahunnya, tentunya hal ini akan mengurangi kualitas lingkungan hidup dan bahkan menjadi ancaman tersendiri.

Nggak jarang hujan membawa puntung rokok ke selokan, dan terus terbawa ke sungai, pelabuhan dan ke laut. Bahan kimia berbahaya yang dikandung puntung rokok ini dan puntung rokoknya akan menurunkan kualitas air dan mematikan kehidupan di laut.

Burung dan hewan-hewan laut sering menganggap puntung rokok sebagai makanannya, yang mengakibatkan rusaknya saluran pencernaan makanan dan kematian. Di seluruh dunia puntung rokok sering ditemukan di perut burung-burung yang mati muda, kura-kura dan hewan laut lainnya.

Bahaya rokok

Pastikan kamu membuang sisa rokokmu dengan baik supaya tidak merugikan lingkungan di sekitarmu. Credit Photo: climate.nasa.gov

Penyebab Kebakaran

Bahaya rokok juga tak berhenti di situ. Satu puntung rokok yang menyala sempurna dapat tetap menyala selama tiga jam. Bahayanya jika terbuang di rumput kering atau semak-semak bisa menyebabkan kebakaran.

Lebih dari 4500 kebakaran setiap tahun terjadi dunia yang disebabkan oleh rokok dan material rokok. Selain kebakaran, puntung rokok yang masih menyala dan bertahan hingga 3 jam melepaskan sekitar 4000 bahan kimia beracun yang dikandungnya setiap detiknya.

Selain bahaya dari puntung rokok, polusi yang dihasilkan pun nggak jauh beda. Bayangkan untuk satu daerah yang banyak dihuni oleh perokok, menghasilkan sekitar 100.000 ton polusi udara setiap tahun.

Tuh, kan, rokok sangat berbahaya!

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top