Info Feed

Anjing Liar Menyerang? Ini Tips Agar tak Fatal

Ilustrasi anjing galak. Credit Photo: Pixabay

Sayaajarkan – Tak bisa dipungkiri, anjing adalah salah satu yang paling difavoritkan untuk dijadikan hewan peliharaan.

Namun, tak semua anjing aman bagi manusia. Beberapa yang masih liar, atau yang bersifat agresif kadang tak segan mengejar dan bahkan mencoba menggigit kita.

Hal ini biasanya diakibatkan beberapa faktor, salah satunya adalah karena merasa dirinya, wilayahnya, atau yang sedang ia lindungi terancam dengan keberadaan kita.

Anjing juga mudah terpancing dengan gerakan-gerakan cepat. Itu mungkin kenapa para korban kejaran-nya rata-rata adalah orang yang sedang berlari atau ragu-ragu berjalan di depannya.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Simak tips dari Bright Side berikut ini:

Tips saat Berpapasan dengan Anjing

Bersikap Tenang

Langkah penting yang bisa kita lakukan adalah tetap bersikap tenang. Kalau ia sedang bersama pemiliknya, beri sinyal supaya anjingnya dijauhkan dari kita.

Meski takut, jangan nekat berlari karena hal itu justru akan memancingnya untuk mengejar. Kecepatan lari anjing rata-rata tergolong tinggi, jadi akan lebih baik jika kita tetap berjalan tenang dan tidak melakukan gerakan tiba-tiba.

Oh ya, bila anjing itu mencegat atau berdiri tepat di hadapan kita, cobalah berdiri menyamping di depannya. Langkah ini akan membuat kita terlihat ramping di depannya sehingga tak terlihat sebagai ancaman.

Usahakan juga untuk menghindari kontak mata supaya kita tidak terlihat seperti sesuatu yang berbahaya baginya.

Alihkan Perhatiannya

Kalau ia masih menantang kita, cobalah alihkan perhatiannya dengan melemparkan sesuatu ke arah yang berbeda. Jika kita sedang tidak membawa apapun, pura-puralah mengambil sesuatu lalu lemparkan. Hal ini mungkin bisa memberikan kita sedikit waktu untuk menyelamatkan diri.

Ingat, lemparnya jangan ke arah anjingnya ya.

Semisal dia masih belum mau beranjak, mulailah beranikan diri untuk mengusir. Ucapkan kalimat seperti ‘Pergi’ setegas mungkin dengan menunjukan gestur yang tetap tenang.

Ingat, yang perlu kita waspadai dari serangan anjing adalah gigitannya, jadi kendalikan gigitannya dengan menekan lehernya. Credit photo: Goldcoastbulletin

Yang harus dilakukan Saat Anjing Menyerang Kita

Pertahankan diri

Jika ‘negosiasi’ gagal dan anjing tetap menyerang, inilah waktunya untuk mempertahankan diri. Usahakan tangan kita selalu siap untuk terkepal supaya jari-jari kita aman dari gigitannya. Selalu lindungi juga bagian wajah dan leher kita dari serangannya.

Jika yang menyerang kita berukuran besar, pukul-lah di bagian hidung, mulut, atau lehernya. Pukulan yang kuat akan membuatnya mundur sejenak dan memberi waktu bagi kita untuk mempertahankan diri.

Sedikit catatan, yang perlu kita waspadai dari serangan anjing adalah gigitannya. Karena itu kendalikan gigitannya dengan menekan lehernya. Gunakan berat badan kita untuk meminimalisir pergerakannya.

Sambil melawan, jangan lupa untuk berteriak meminta pertolongan.

Periksakan Luka Kita ke Dokter

Setelah kita berhasil terbebas dari serangannya, segera periksakan diri kita ke dokter terdekat. Laporkan juga serangan yang kita alami ke ke pihak yang berwenang di daerah tersebut supaya apa yang kita alami tidak terjadi ke orang lain.

Selalu berhati-hati di manapun kalian berada ya.

Sumber lain:
– https://www.avma.org/public/Pages/Why-do-dogs-bite.aspx
– https://www.liputan6.com/health/read/3050650/7-cara-hindari-gigitan-anjing-pitbull

Click to comment
To Top