Info Feed

Sepatu Kulit: 4 Tips Mudah Supaya Awet

Tips merawat sepatu kulit.

Sayaajarkan – Sepatu kulit memang keren. Tampilannya yang oke dan rasanya yang mantap di kaki membuat kita yang memakainya jadi tambah percaya diri.

Konon juga, banyak yang menganggap memakai sepatu berbahan kulit menunjukan kemapanan seseorang baik kedewasaan maupun kehidupan karier-nya.

Tapi mau percaya atau tidak, yang jelas seperti barang apa pun lainnya, sepatu kulit harus dirawat upaya berumur panjang. Ogah dong pastinya kalau sepatu yang sudah kita beli mahal-mahal cepat rusak. Enggak ganteng lagi nanti.

Jangan sampai sudah menabung berbulan-bulan, tak lama kemudian sudah retak bahkan pecah. Aduh!

Nah supaya tidak kejadian, sini saya ajarkan caranya merawat sepatu kesayangan supaya awet. Tidak cukup disemir doang!

Kalau perawatannya baik, sepatu pun bakal terlihat semakin keren. Credit photo: pixabay

Tips Merawat sepatu kulit yang Benar

Hindari sinar matahari

Mungkin kita berpikir setelah membersihkan, menjemurnya di bawah sinar matahari supaya cepat kering adalah ide yang bagus. Tunggu dulu, sinar matahari memang membuat sepatu kering, tapi terlalu cepat dan justru bisa membuat bahan kulitnya menjadi kaku, dan mudah pecah atau retak.

Lalu bagaimana dong? Keringkan saja dengan memasukan koran bekas ke dalam sepatu untuk menyerap kelembaban lalu taruh ditempat yang terkena angin.

Berikan ruang cukup

Sepatu kulit harus benar-benar disayang. Jangan ditumpuk dengan sepatu lainnya kecuali kita ingin sepatu berubah bentuk atau warnanya jadi kotor.

Perhatikan juga saat menaruhnya di atas rak sepatu. Berikan ruang cukup, jangan mepet-mepet dengan sepatu lain. Tujuannya supaya terhindar dari gesekan yang bisa menggores dan meninggalkan baret pada permukaan kulit sepatu kita. Sepatu kulit gampang tergores.

Kesal dong kalau sepatu kesayangan kelihatan tak mulus lagi?

Jangan samakan perawatan sepatu ini dengan jenis sepatu lainnya. Credit photo: pixabay

Cuci sepatu dengan bahan yang tepat

Hati-hati saat membersihkan

Jangan asal siram dengan air, mencucinya dengan sabun lalu menyikatnya. Berbahaya!

Gunakan sikat khusus atau sejenis sponge saat membersihkannya. Sikat khusus pastinya halus dan tidak meninggalkan bekas goresan. Atau bila perlu, gunakan air hangat dan kain lembut.

Jaga kelembaban

Terlalu kering bisa sobek, sedangkan bahan kulit yang terlalu lembab juga akan lebih mudah robek dan terkoyak. Jadi yang pas-pas saja.

Selalu simpan sepatu kita di tempat yang sejuk dan kering. Setelah dibersihkan, pastikan sudah benar-benar kering sebelum memakainya. Jangan paksakan memakainya sebelum benar-benar kering!

Selain itu, karena bahan kulit memiliki pori-pori, usahakan pakai kondisioner khusus setidaknya seminggu sekali untuk menjaga fleksibilitasnya.

Bagaimana? Gampang bukan cara merawatnya? Atau punya tips lainnya? Bagi dong!

Referensi:

-https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/hacks/sepatu-kulit-tahan-lama-berkat-10-tips-ini.html
-https://www.l-men.com/5-langkah-tepat-merawat-sepatu-kulit/

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top