Info Feed

Semut Mengganggu? Atasi dengan 4 Bahan Dapur Ini

Atasi semut dengan bahan dapur

Sayaajarkan – Banyak semut mengganggu di rumah? Baru bikin kopi, teh atau minuman apa pun langsung dikerubungi? Menyebalkan pastinya. Tapi mau dibunuh pakai obat serangga, kasihan juga mereka kan enggak salah apa-apa. Apalagi buat kita yang vegan, anti deh yang namanya mencabut nyawa hewan.

Duh bingung! Terus bagaimana dong caranya biar mereka enggak datang mengganggu lagi? Tenang, selain pakai kapur serangga dan obat serangga, banyak alternatif yang bisa dipakai. Empat bahan alami berikut seperti dikutip dari hellosehat.com, ampuh dan biasanya selalu tersedia di dapur rumah kita.

Tips Usir Semut dengan Bahan Dapur

Tepung terigu

Cocok nih buat yang enggan memakai bahan-bahan kimia beracun. Selain buat bikin kue, tepung terigu bisa buat mengusir semut lho.

Caranya tinggal taburkan saja di sepanjang rak dapur, atau di mana saja kita lihat biasanya mereka berlalu lalang. Dijamin makhluk kecil itu enggak bakal berani menerobosnya.

Jeruk lemon

Jeruk lemon memang banyak manfaatnya. Selain bisa buat menghilangkan lemak saat mencuci piring, juga bisa untuk mengusir semut. Mereka benci dengan aroma asam dari buah lemon.

Caranya tinggal masukkan jus lemon ke dalam botol semprot lalu semprotkan di celah pintu dan jendela atau di manapun mereka biasanya datang. Atau, bisa juga meneteskan perasannya ke dalam lubang atau celah masuk ke dalam rumah. Tidak lupa, taruh irisan kecil kulit lemon di sekitar tempat-tempat tadi atau lantai dapur buat mencegahnya datang kembali. Lemon juga ampuh mengusir kecoa dan kutu.

Tak cuma membuat masakan jadi lezat, sebagian bumbu dapur juga ampuh untuk mengusir serangga. Credit photo: The Ayurveda.

Garam dan Lada Bubuk

Lada bubuk

Semut pasti ogah datang karena aroma dan panasnya. Bisa ditaburkan sepanjang pinggiran lantai tempatnya berlalu-lalang. Pasti mereka bakal berpikir seribu kali untuk bergerilya di rumah kita.

Garam

Cara menggunakannya hampir sama seperti lada bubuk tadi. Tinggal taburkan garam dengan ketebalan kira-kira 3-5 cm di sepanjang rumah semut, teras rumah, atau jalan akses mereka keluar masuk rumah kita. Semutnya pergi karena merasa keasinan mungkin ya?

Mudah bukan cara mengusir semut menggunakan bahan-bahan alami? Punya cara lainnya? Share ke kami, ya!

Click to comment
To Top