Info Feed

TAHUKAH KAMU: Ragam Pedang dari Jepang

Salah satu adegan pertarungan pedang di film Rurouni Kenshin

Sayaajarkan – Pernah menonton film ‘Rurouni Kenshin’, ‘Ninja Assassin’, ‘Kill Bill Vol. 1 & 2’ atau bahkan ‘The Last Samurai’? Tentunya setiap film mempunyai jalan cerita yang menarik, dan pastinya aksi duel pedang yang seru. Apalagi pada saat jagoannya membabat habis semua musuh satu per satu. ‘Badass’ banget!

Nah, kalau kamu ngefans dengan film action yang bernuansa Jepang, pastinya sudah nggak asing dengan beberapa senjata tradisional yang keren, khususnya pedang. Ternyata di Negara asalnya, benda ini mempunyai banyak sekali jenisnya. Bahkan enggak semua orang mempunyai senjata yang sama, karena beberapa pedang memang dibuat secara khusus untuk orang tertentu dan memiliki fungsi yang beragam.

Dari sekian banyak varian, beberapa diantaranya adalah:

Beragam Jenis Pedang di Jepang

KATANA

Katana. Credit photo: Walmart.com

Ini adalah senjata paling umum dimiliki oleh para Samurai pada masa feodal Jepang. Karakteristik pedang ini mempunyai pisau agak melengkung bermata tunggal, dengan pembatas berbentuk lingkaran atau kotak. Selain itu grip-nya pun agak panjang, sehingga mudah digenggam dengan kedua tangan.

WAKIZASHI

Wakizashi. Credit Photo: midwayusa.com

Pada masa pemerintahan jaman dahulu, ternyata nggak semua orang memiliki Katana dan Wakizashi bersamaan. Hanya para Samurai resmi yang diperbolehkan mempunyai kedua senjata ini, dan bentuknya pun hampir mirip. Umumnya pedang ini dijadikan senjata cadangan setelah Katana, kadang juga difungsikan untuk ritual bunuh diri (seppuku)

TANTO

Tanto. Credit Photo: casiberia.com

Senjata ini lebih mirip seperti pisau, karena mempunyai ukuran yang lebih pendek. Tanto cukup ampuh digunakan untuk pertarungan jarak dekat.

NAGAMAKI

Nagamaki. Credit photo: katanaplus.com

Senjata ini mempunyai bentuk mirip katana, hanya saja ukuran gripnya lebih panjang yang berguna untuk menjaga keseimbangan pada saat dipegang, dan cocok untuk pertarungan dengan jarak yang nggak begitu dekat.

NODACHI

Nodachi. Credit Photo: payday.wikia.com

Senjata ini mempunyai ciri khas, yaitu bilah pisau yang panjang (biasanya lebih dari 90 cm). Nodachi umumnya digunakan pada saat perang dan cocok untuk pertarungan medan terbuka.

NINJATO

Ninjato. Credit Photo: kutterknives.com

Sesuai namanya, ini adalah senjata yang umumnya dimiliki oleh para Ninja. Ciri khas yang paling mudah dikenali yaitu, pisau dan grip berbentuk lurus dan nggak mempunyai lengkungan.

SHIRASAYA

Shirasaya. Credit Photo: swords24.eu

Pedang ini mempunyai bentuk yang sederhana, tapi juga elegan. Karakteristik yang paling mudah dikenali yaitu dari sarung dan grip yang terbuat dari kayu, serta mempunyai garis pada bilah pisaunya.

Nah, ternyata banyak banget jenis pedang yang bisa kita ketahui dari penjelasan diatas. Mana yang paling menarik perhatianmu?

Click to comment
To Top