Event

Pemilu 2019: Tips Jika tak Terdaftar Sebagai Pemilih

Pemilu 2019

Sayaajarkan – Setelah menonton Debat Capres Kedua yang digelar pada Minggu (18/2/19) malam tadi, kita tentu sudah mulai yakin dengan capres dan cawapres mana yang akan menjadi pilihan kita pada Pemilu 2019 mendatang. Baik itu pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin maupun pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Harapan Sayaajarkan sih, siapapun yang nantinya menang, semoga mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Yang penting adalah persatuan kita bisa tetap terjaga dengan baik.

Ngomong-ngomong soal hal itu, sudahkah kita memastikan kalau nama kita telah terdaftar? Mumpung belum terlambat, coba ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk memastikan kalau kita bisa turut berpartisipasi pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Umum Legislatif yang digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang.

Tips Cek Nama Kita di Pemilu 2019

Kalau sedang banyak waktu luang, kita bisa mendatangi Kantor Kelurahan setempat untuk melihat langsung pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara jika sedang sibuk, kita bisa mengecek nama kita melalui situs www.kpu.go.id. Setelah situsnya terbuka, pilihlah ‘Daftar Pemilih’, lalu masukkan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengecek di TPS mana nama kita terdaftar.

Untuk pengguna smartphone, kita juga bisa mengecek melalui aplikasi KPU RI PEMILU 2019 yang sekarang sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Isilah kolom itu dengan benar agar kita bisa mengetahui di TPS mana kita terdaftar. Credit photo: KPU

Tak Terdaftar, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika kita tidak bisa menemukan nama kita di data pemilih, jangan panik dulu. Lakukan cara-cara berikut secepatnya.

Cara pertama, datanglah ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kantor kelurahan setempat dengan membawa E-KTP. Petugas di sana akan membantu kita untuk memasukkan nama kita ke data pemilih.

Kalau tidak memiliki waktu, bukalah aplikasi mobile KPU RI PEMILU 2019 yang disebutkan di atas tadi, lalu masukkan nama dan NIK kita di kolom ‘Cek Pemilih’.

Karena kita belum terdaftar, nantinya akan muncul tulisan, ‘Anda belum terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. Segera laporkan data diri dengan menekan tombol ‘Lapor’ di bawah ini.’ Sesuai dengan perintah, klik-lah tombol Lapor dan masukkan data kita dengan sebenar-benarnya.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Segera cek ya, jangan ditunda-tunda.

Sumber:
– http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/17/cara-mengetahui-apakah-namamu-sudah-terdaftar-sebagai-pemilih-pada-pemilu-2019
– https://nasional.kompas.com/read/2018/10/12/16125681/kalau-nama-saya-tak-ada-di-data-pemilih-apa-yang-harus-dilakukan

Click to comment
To Top