Info Feed

Sofa Kulit: Rawat dengan Air dan Cuka

Sofa Kulit

Sayaajarkan – Segala sesuatu yang berbahan kulit mungkin tampak elegan di mata penggemarnya. Mulai dari sepatu kulit, tas, hingga furniture seperti sofa kulit. Uang banyak pun jadi tak segan dikeluarkan untuk membeli barang-barang tersebut.

Namun sayang sekali kalau kita cuma bisa memakainya tapi malas untuk merawat. Barang apapun, tentunya harus rajin dirawat supaya awet. Pastinya tidak mau dong sudah merogoh kocek dalam tapi cuma bisa dinikmati sebentar?

Nah, supaya tak terjadi, sini saya ajarkan cara mudah membersihkan sofa kesayangan kita supaya tidak cepat rusak. Tenang saja, tidak sesulit bayangan, kok!

Tips Mudah Merawat Sofa Kulit

Sedot debu dengan vacuum cleaner

Hal yang pertama kali kita harus lakukan adalah membersihkan debu dan kotoran lain pada sofa kulit kita sebulan sekali. Gunakan vacuum cleaner supaya maksimal. Hati-hati merusak kulit, lepas bagian ujung vacuum cleaner dan jangan taruh mesin pada sofa saat menyedot debu.

Tak hanya bagian luar, bersihkan sela-sela furniture, sampai bawah busa bantalan (copot bantalan bila bisa). Juga bila diperlukan, gunakan sikat halus untuk membersihkan permukaan furniture supaya lebih bersih.

Lap sofa menggunakan kain microfiber

Lap seluruh permukaan sofa kulit kita menggunakan kain mikrofiber kering. Kain mikrofiber penting karena cukup halus dan berdaya serap tinggi, sehingga tidak menggores furniture kulit kita. Mulai dari atas ke arah bawah, supaya debu-debu yang tadi mungkin ketinggalan ikut hilang.

Gunakan campuran cuka dan air

Buatlah campuran air dan cuka di dalam mangkok dengan takaran 1:1 (120 ml air dengan 120 ml cuka). Supaya tidak tumpah, taruh di lantai, jangan di atas sofa. Untuk memastikan tidak merusak sofa kulit, gunakan sedikit pada bagian kecil tersembunyi dulu dan lihat apa yang terjadi. Bila tak ada masalah, lanjutkan menyeka sofa dengan kain mikrofiber yang telah dicelupkan (celupkan lalu peras sampai tidak menetes, namun lembab) ke dalam larutan air dan cuka. Lap seluruh bagian sofa kulit dengan gerakan memutar. Lakukan perlahan-lahan dengan lembut, untuk menghindari kerusakan akibat tergores atau yang lainnya.

Ketika mengelap, lakukan dengan perlahan. Credit photo: Brandsource

Keringkan dengan Baik

Keringkan dengan kain mikrofiber kering

Setelah melap sofa kulit kita menggunakan kain mikrofiber yang telah dicelupkan ke dalam larutan air dan cuka tadi, sekarang giliran mengeringkannya. Pastikan untuk menggunakan kain mikrofiber lain yang masih kering. Jangan sampai ada noda air basah tertinggal.

Gunakan conditioner kulit setiap 6-12 bulan sekali.

Baca petunjuk dengan seksama sebelum melakukannya untuk menghindari kesalahan yang malah akan merusak sofa. Biasanya, kita hanya perlu menaruh conditioner ke kain lap bersih yang lembut, lalu menyeka sofa dengan gerakan perlahan dan memutar.

Bagaimana? Mudah bukan merawat sofa kulit kita?

Referensi:

– https://www.wikihow.com/Clean-Leather-Furniture

Click to comment
To Top