Info Feed

Tips Menyimpan Koleksi Buku yang Baik

Tips merawat koleksi buku.

Sayaajarkan – Buku adalah jendela dunia. Hargai sumber pengetahuan kita dengan memperlakukannya dengan baik. Namun, banyak orang yang masih mengeluhkan koleksi buku-nya cepat rusak, sudah lusuh padahal baru beli, dan lain sebagainya.

Hmm, jangan mengeluh dulu. Meski suka membaca buku, bisa jadi kita belum benar-benar mengerti bagaimana caranya merawat koleksi buku dengan baik. Padahal buku yang kita beli tidak murah lho.

Nah, supaya buku kita awet hingga puluhan tahun dan bisa kita wariskan sama anak cucu kita, ada baiknya simak tips-tips merawat buku di bawah ini.

Tips Merawat Koleksi Buku

Tempatkan Buku Pada Rak

Jika mau koleksi buku awet, maka simpanlah di tempat yang benar. Artinya tempat tersebut memang khusus untuk buku, sirkulasi udara bagus dan tidak gelap, dalam hal ini rak buku. Beli yang kuat dan kokoh.

Dengan adanya rak ini, kita bisa lebih mudah mengawasi dan merawatnya. Juga tidak tercecer dimana-mana.

Sampul

Sebaiknya, segera setelah kita membeli buku, langsung beri sampul pada bukunya. Pakailah plastik yang bening saja supaya terlihat judul bukunya, serta memberikan perlindungan ekstra kepada kulit buku.

Berdirikan Posisi Buku

Mengapa harus berdiri? Karena jika berdiri tegak, kita dapat membaca punggung buku dengan benar. Buku dirancang untuk disimpan dengan cara demikian, dan dapat ditopang oleh buku lain, sekaligus membantu menjaga kedudukan buku agar tetap stabil.

Pakai Pembatas Buku

Jika mau buku lebih awet dan terlihat sempurna, maka ada baiknya belilah pembatas buku juga untuk membatasi halaman. Karena jika dilipat, tidak bagus dilihat dan kertas lama-lama akan mudah robek. Namun, ketika kita buku sudah banyak kok yang sekalian sama pembatasnya. Jangan lupa dipakai ya.

Buat Jadwal Berkala Untuk Cek & Bersihkan Buku

Ini bisa dilakukan setiap 1 atau 2 bulan sekali. Dengan membuat jadwal ini, kita bisa dengan rutin mengecek kalau ada buku yang hilang, kotor, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan, ketika membersihkan buku apalagi buku tua, maka kita bisa cuci tangan dengan sabun setelah itu dilap kering, baru kemudian kita bisa membolak-balik buku. Jangan makan dan minum selama membersihkan buku.

Yuk mulai rawat koleksi buku kita dengan baik. Credit photo: Pixabay.

Rapikan dan Lindungi dari Sinar Matahari

Susun Berdasar Genre/Tahun

Ini satu hal yang paling malas dilakukan orang, yaitu mengelompokkan buku. Padahal kalau mau melakukannya, akan menjadi sesi yang menyenangkan lho.

Kita bisa mengelompokkannya berdasarkan fiksi/non-fiksi, horor, drama, sejarah, dsb. Atau kita mau urutkan berdasarkan tahun terbitnya, atau berdasarkan penulisnya. Pengelompokkan ini penting agar kita bisa dengan mudah mengecek dan mengingat lokasi buku.

Beri Cahaya / Jauhkan Dari Sumber Panas Langsung

Cahaya yang cukup dan sirkulasi udara yang baik dapat membuat buku “bernapas” dan bisa menjauhkan dari binatang yang hendak membuat sarang. Namun, jangan sampai kena cahaya matahari secara langsung ya, karena dapat merusak buku dengan cepat. Juga, janganlah menempatkan buku di dekat lemari es ya.

Buat Perjanjian Bagi Peminjam

Seringkali kita dapati teman yang kurang mengerti etika dalam meminjam buku. Ketika kita meminjamkannya dalam keadaan yang bagus, ketika dipulangkan kondisi-nya sudah “mengenaskan”, artinya terkena cairan kopi, banyak kertas terlipat, ada beberapa coretan, dan lain sebagainya. Bete kan?

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya sebelum kita meminjamkan kepada orang lain, kita bisa buat perjanjian dulu. Misalnya, harus dikembalikan tepat waktu, tidak boleh ada coretan apa pun, dan jika ada kerusakan maka harus menggantinya. Jika perlu, fotolah buku sobat sebelum meminjamkan sebagai bukti nantinya. Tentu bilangnya secara baik-baik.

Cukup mudah kan kalau kita tahu caranya? Yang penting punya komitmen. Selamat mencoba! Oh ya, bagi yang sedang kepikiran untuk menerbitkan buku sendiri, kami juga punya tipsnya lho.

Click to comment
To Top