Info Feed

4 Aktivitas Sehari-hari yang Bikin Ponsel Meledak

Ponsel meledak. Credit photo: PSafe.com

Sayaajarkan – Belakangan cukup sering kita mendengar berita mengenai kasus smartphone atau ponsel meledak yang melukai pemiliknya.

Tak main-main, dalam beberapa kasus korbannya mengalami luka yang serius dan bahkan meninggal dunia. Hal ini mau tak mau menuntut kita untuk lebih waspada ketika menggunakan alat komunikasi genggam ini.

Perlu kita ketahui, kasus ponsel meledak tak melulu merupakan kesalahan pabrik. Beberapa di antaranya terjadi lantaran kecerobohan penggunanya, terutama dalam merawat baterai.

Lalu, kapan sebenarnya ponsel berpotensi meledak, dan bagaimana cara menghindarinya? Berikut beberapa kegiatan yang membutuhkan perhatian khusus kita sebagai pengguna ponsel. Disimak baik-baik ya.

4 Aktivitas yang Berpotensi Bikin Ponsel Meledak

Mengecas Ponsel

Hati-hati bermain ponsel ketika sedang dicas atau diisi daya. Kalau terus dimainkan, ada kemungkinan kerja baterai lama-lama akan terganggu dan berpotensi mengalami kerusakan.

Padahal, seperti kita tahu, rusaknya baterai adalah salah satu penyebab ponsel bisa meledak secara tiba-tiba.

Jadi sesuai dengan nama aktivitasnya, biarkan ponsel benar-benar mengisi daya dan tidak dipaksa untuk mengeluarkan daya saat sedang dicas. Oh ya, jangan sampai overcharge ya…

Selain itu, memakai baterai palsu atau charger yang asal juga ternyata bisa menyebabkan ponsel meledak lho.

So, untuk lebih amannya, pastikan ponsel kita memakai baterai dan dicas dengan perangkat yang sesuai. Usahakan juga simpan ponsel di tempat yang agak jauh dari jangkauan ketika sedang diisi daya.

Biarkan handphone beristirahat saat sedang dicas. Credit photo: Pixabay.

Mengantungi dan Membawa Ponsel

Selain karena faktor-faktor di atas, ponsel juga bisa meledak lantaran korslet yang diakibatkan karena terjepit, terduduki, atau terjatuh. Karena itu, berilah ruang yang cukup luas ketika ponsel berada di dalam saku atau tas kita.

Meletakkan Ponsel

Menyimpan ponsel juga tak boleh sembarangan. Hindari meletakkan ponsel di bawah paparan matahari yang menyengat, atau di dekat sumber panas seperti kompor, perapian, pemanas ruangan, dsb.

Menjemur ponsel di paparan sinar matahari atau membuatnya panas adalah ide buruk. Credit photo: REMI Network.

Memakai Ponsel

Terakhir, jika kita sedang asyik memakai smartphone, entah itu untuk menelpon, chatting, ngutak-atik media sosial, atau bermain game android, waspadalah jika mulai terasa panas. Segera istirahatkan sejenak hingga dingin atau normal kembali.

Untuk mengakali kebutuhan chatting atau telepon, kita bisa menggunakan WhatsApp, Line, Skype, dan sejenisnya melalui laptop atau komputer.

Semoga membantu ya, Jangan lupa untuk selalu waspada dalam kegiatan apapun yang sedang kita lakukan.

Sumber:

– https://www.techadvisor.co.uk/how-to/mobile-phone/phone-overheating-3647780/

Click to comment
To Top