Info Feed

Anggrek Indoor: 4 Tips Supaya Tidak Mati

Mawar indoor

Sayaajarkan – Hobi merawat tanaman anggrek di rumah? Baik anggrek indoor maupun outdoor, bunganya yang indah serta cara menanamnya yang unik memang bisa bikin kita jatuh hati.

Seperti terapi, merawat dan melihatnya tumbuh kembang dengan baik memberikan kepuasan hati tersendiri.

Nah supaya indoor orchid alias anggrek indoor kita selalu indah dan berumur panjang, kalau belum tahu sini saya ajarkan cara merawatnya yang baik dan benar.

Jangan khawatir, outdoor atau indoor, merawat anggrek tidak sulit kok!

Tips merawat Anggrek indoor

Kelembaban

Kebanyakan tananaman anggrek membutuhkan media yang lembab dengan pengeringan yang baik. Seperti contohnya, arang, tanah pot, gambut, sabut kelapa dan lain sebagainya.

Namun kondisi dalam ruangan berbeda dari kondisi luar ruangan. Untuk mengecek kelembabannya, masukan jari ke dalam media tumbuh si anggrek. Jika terasa kering, sirami dengan air secukupnya. Jika sebaliknya, biarkan.

Anggrek indoor membutuhkan kelembaban yang memadai, sekitar 50-70 persen. Untuk meningkatkan kelembaban ruangan, kita bisa mengunakan piring berisi air atau nampan kerikil yang ditempatkan di bawah tanaman.

Pencahayaan

Urusan pencahayaan juga tidak kalah penting. Anggrek membutuhkan sinar matahari tidak langsung. Cahaya yang terlalu terang bisa menyebabkan daun jelek, sedangkan kurang cahaya membuat bunga yang tumbuh tidak maksimal.

Jadi, tempatkan tanaman anggrek kita di tempat yang tepat. Kalau kita sult membaca tanpa lampu di ruangan itu, mungkin sebaiknya anggrek dipindahkan ke tempat yang lebih baik pencahayaannya.

Menanam mawar indoor akan mempercantik ruangan kita. Credit photo: stuff.co.nz
Menanam mawar indoor akan mempercantik ruangan kita. Credit photo: stuff.co.nz

Suhu

Urusan suhu atau temperatur, anggrek membutuhkan suhu yang lebih dingin di malam hari. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik, jangan terlalu panas.

Kalau kita merasa kegerahan saat berada di dalam ruangan tersebut pada malam hari, maka anggrek pun demikian.

Ganti pot dan media tanam

Jika semua cara perawatan anggrek indoor tadi telah dilakukan namun anggrek tumbuh dengan buruk, mungkin saatnya repotting alias mengganti pot dan media tanam anggrek kita.

Bagaimana? Mudah bukan merawat anggrek dalam ruangan? Punya tips lain seputar anggrek? Beritahu kami, ya!

Click to comment
To Top