Info Feed

Sepatu Bau? Segarkan dengan Ramuan Homemade Ini!

Tutorial atasi sepatu bau

Sayaajarkan – Rambut sudah rapi, wajah mulus bebas jerawat, celana jeans model terkini, dandanan begitu memikat, dan sepatu sudah keren. Dari ujung kaki sampai kepala begitu menggoda deh pokoknya. Tapi begitu sepatunya dicopot, baunya bikin orang muntah.

Ilfil nggak sih? Mirip gas beracun, entah punya sendiri atau orang lain, aroma menyengat yang menyebar rasanya cukup untuk membunuh secara perlahan seisi orang di dalam ruangan.

Oke, pengandaian di atas mungkin kelewat hiperbolis. Tapi siapa sih yang mau terjebak dalam ruangan bersama bau tidak enak?

Mau itu sepatu kulit ataupun jenis lainnya, Kalau kita tidak terlalu malas, sebenarnya hal menyebalkan itu tidak perlu terjadi. Sini saya ajarkan cara gampang membuat sendiri di rumah, penghilang aroma busuk dari sepatu.

Tak perlu keluar uang banyak untuk membeli pewangi khusus. Kita bisa berhemat dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Semuanya homemade!

Alas kaki bau nggak cuma mengganggu pemiliknya, tapi juga mengganggu orang lain. Credit photo: homeremedyhacks.com

Bubuk Deodoran Sepatu

Bahan-bahan:

3 sdt baking soda
1 sdt tepung jagung/maizena
5 tetes tea tree oil/minyak pohon teh

Cara membuat:

Campur semua bahan merata

Penggunaan:

Taburkan campuran tersebut ke dalam sepatu sehabis menggunakannya, biarkan semalaman. Buang bubuk sebelum memakainya kembali.

Campuran bubuk buatan sendiri ini sangat ampuh dalam menyerap bau tak sedap. Sedangkan antiseptik yang terkandung dalam tea tree oil nya berfungsi membunuh bakteri.

Spray Deodoran Sepatu

Bahan-bahan:

1/2 cup air
1/2 cup cuka putih
5 sdt tea tree oil/minyak pohon the

Cara membuat:

Campuran semua bahan jadi satu, masukan ke dalam botol penyemprot.

Penggunaaan:

Semprot tipis-tipis bagian dalam sepatunya dengan ramuan tersebut.

Biarkan sampai kering.

Tips tambahan:

Semakin sedikit keringat di dalam sepatu, maka semakin tidak berbau. Sumpal-lah dengan koran atau kertas bekas saat tidak dipakai untuk menyerap keringat.

Dan pakai kaos kaki untuk menyerap keringat berlebih. Tapi kaos kakinya juga rajin diganti, ya!

Terakhir, kalau bisa simpan sepatunya di luar ruangan (kecuali yang berbahan kulit karena matahari bisa merusaknya). Matahari adalah disinfektan alami yang bisa menyingkirkan bau tak sedap.

Bagaimana, mudah bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top