Info Feed

Tips Mengatasi Lumut pada Tangki Air

ilustrasi tangki air

Sayaajarkan – Apakah tandon atau tangki air di rumah kita sering ditumbuhi lumut? Kualitas air yang tidak bersih dapat mempercepat tumbuhnya lumut pada tandon.

Agar kualitas hidup kita menjadi lebih sehat, rutinlah untuk membersihkan tandon di rumah kita. Jangan biarkan lumut mencemari airnya, apalagi sampai membiarkan jentik-jentik nyamuk demam berdarah tumbuh di sana.

Penyebab lain mengapa lumut cepat berkembangbiak di tangki, karena cahaya matahari yang kemungkinan menembus lapisan dinding tandon. Terutama tandon yang berbahan plastik atau HDPE.

Di pasaran juga ada tangki yang kedap cahaya dan berbahan anti mikroba. Mungkin mengganti tangki air bisa menjadi alternatif apabila dirasa repot membersihkannya secara berkala.

Membersihkan tangki air yang benar

Atur jadwal untuk membersihkan tandon secara berkala. Sehingga kita bisa menginfokan kepada orang rumah supaya tangki tidak diisi. Karena jika kondisi tangki masih penuh dengan air, hal ini akan membuat kita membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra.

Pastikan keran air di rumah kita dalam keadaan tertutup. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang digosok dari dinding tandon nantinya tidak menempel pada saluran air.

Bersihkan dari luar tangki, jangan masuk ke dalamnya. Gosok bagian dalam tangki menggunakan kain atau spon. Bisa juga menggunakan pel kain atau spon jika kita sulit menjangkau bagian dasarnya. Jangan menggunakan sikat, karena lumut hanya menempel. Penggunaan sikat dapat merusak dinding tangki.

Jangan menggunakan sabun atau obat pembersih, karena akan meninggalkan residu. Hal ini akan mencemari kualitas air di rumah kita. Jadi cukup disiram saja dengan air bersih.

Sedot air yang sudah kotor tadi menggunakan selang. Setelah air di tandon terkuras semua, sudah bisa dialiri air bersih yang baru.

Segera bersihkan lumut sebelum menebal dan mempengaruhi kualias air. Credit photo: tangkiairmpoin
Segera bersihkan lumut sebelum menebal dan mempengaruhi kualias air. Credit photo: tangkiairmpoin

Cara mencegah pertumbuhan lumut

Sebenarnya tiga komponen penting tumbuhnya lumut yaitu air, oksigen, dan sinar matahari. Supaya lumut tidak bisa berkembangbiak, bisa menghilangkan salah satu komponen pentingnya yaitu sinar matahari.

Buat tangki di rumah kita tidak bisa ditembus oleh cahaya matahari. Caranya yaitu dengan mengecat bagian luar dinding tandon menggunakan cat berwarna hitam. Apabila kita kurang suka dengan warna hitam atau mengganggu estetika, kita bisa menimpalnya dengan cat warna lain.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Click to comment
To Top