Info Feed

Mengenal Planet Mars: ‘Tempat Tinggal Manusia di Masa Depan’

ilustrasi penjelajahan planet Mars. Credit photo: geneticliteracyproject

Sayaajarkan – Hingga saat ini banyak yang percaya jika Planet Mars bisa dihuni oleh manusia. Anggapan ini bahkan telah dikonfirmasi oleh kepala ilmu NASA, Jim Green.

“Planet ini dapat menawarkan manusia ‘kehidupan baru’ dengan ‘visi yang baru’,” ucapnya seperti dikutip dari USA Today. Hmm, rasanya seperti sedang menonton film sci-fi, ya?

Bahkan, saking optimisnya dengan masa depan Mars sebagai tempat tinggal manusia di masa depan, sebuah organisasi dari Belanda bahkan telah menyiapkan 100 semifinalis dunia yang terpilih untuk mendiami planet ini pada 2032.

Lalu, informasi apa saja yang sejauh ini sudah dipegang para ilmuwan antariksa? Yuk, kita simak bersama-sama mengenai beberapa faktanya.

Fakta-fakta Menarik mengenai Planet Mars

Permukaan planet yang basah

Seperti kita ketahui, planet Mars adalah planet terdekat keempat dari matahari. Peneliti dari East Carolina University, John Rummel, mengungkap bahwa planet ini memiliki kelembaban yang relatif cukup tinggi jika dibandingkan dengan planet lain.

Hal ini bisa dilihat dari uap air di dalamnya yang memiliki kandungan sekitar 100 mikron preciptable. Kandungan ini setara dengan kandungan pasir di gurun Atacama di Chili, Amerika Selatan.

Tumbuhan bisa fotosintesis

Tak kalah dengan bumi, Mars juga punya ngarai seperti Grand Canyon dan gunung berapi yang sangat besar lho. Selain itu, di planet ini juga terdapat tumbuhan seperti lumut yang rupanya dapat hidup dan bertahan dalam suhu hangat yang mencapai 70 persen di beberapa wilayah.

Planet ini tercatat memiliki suhu kelembaban di atas 80 persen. Meskipun memang tidak bisa mengandalkan suhu kelembaban, peneliti menjelaskan proses reproduksi sel untuk organisme terestrial tumbuhan memiliki kemungkinan yang sangat besar.

Keindahan planet Mars. Credit photo: Liputan6
Keindahan planet Mars. Credit photo: Liputan6

Memiliki empat musim

Mars memiliki 687 hari selama satu tahun. Sama seperti Bumi, planet ini juga memiliki empat musim. Namun bedanya, empat musim itu terjadi dalam satu tahun di Bumi. Sedangkan di Mars, masing-masing musim itu terjadi tergantung periodenya.

Terbentuknya air

Planet ini memiliki suhu yang menurun pada malam hari, sehingga proses terbentuk embun bisa terjadi. Namun, suhu akan kembali naik pada pagi hari, sehingga nantinya akan kembali mencair, serta kembali menguap dalam waktu yang begitu singkat.

Pada tahun 2008, Mars Reconnaissance Orbiter NASA (MRO) menemukan air mengalir menuruni beberapa lereng. Air hanya mengalir di musim panas, yang berarti beku selama musim dingin.

Musim panas di planet ini memang lebih dingin dibanding Bumi. Peneliti juga berteori bahwa air yang ada di planet ini punya kandungan garam. Sehingga rasanya sangatlah asin untuk dikonsumsi. Air asin memiliki titik beku lebih rendah daripada air tawar dan akan meleleh pada suhu tertentu di mana air tawar akan tetap beku.

Perjalanan ke Planet Mars

Sedikit informasi, proyek kunjungan ke planet Mars akan dilaksanakan di tahun mendatang 2020. Semoga tahun depan proyek ini berjalan lancar dan berhasil ya guys, sehingga kita akan dapat informasi yang lebih banyak lagi mengenai planet ini.

Sumber:

– https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/7-fakta-manusia-bisa-hidup-di-planet-mars/full
– https://www.liputan6.com/global/read/3660266/4-fakta-menarik-soal-mars-planet-yang-digadang-gadang-akan-dihuni-manusia

Click to comment
To Top