Info Feed

Mengenal Lebih Dekat K.H. Ma’ruf Amin

K.H.Ma’ruf Amin. Credit photo: straitstimes.com

Sayaajarkan – Seperti kita ketahui, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin tengah mencalonkan diri sebagai wakil presiden RI di Pemilu 2019. Beliau berpasangan dengan Capres nomor urut 1 yaitu Ir. H. Joko Widodo.

Berikut adalah fakta-fakta mengenai beliau yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Fakta-fakta K. H. Ma’ruf Amin

Lahir di masa pendudukan Jepang

Masa pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan M. Hatta.

Ternyata sewaktu deklarasi kemerdekaan RI tersebut, K. H. Ma’ruf Amin sedang berumur 2,5 tahun. Beliau lahir pada tanggal 11 Maret 1943 di Kresek, Tangerang.

Jadi santri sejak kecil

K. H. Ma’ruf Amin merupakan lulusan pondok pesantren ternama di Indonesia. Pada tahun 1958 beliau pernah menimba ilmu di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Kemudian beliau melanjutkan ke Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Tebuireng pada tahun 1961. Pondok pesantren ini didirikan oleh pendiri Nahdlatul Ulama, K. H. Muhammad Hasyim Asy’ari.

Lahir dari keluarga religius

Pria yang kini berusia 76 tahun ini lahir di keluarga yang memiliki agama sangat kental. Beliau lahir dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU).

K.H.Ma’ruf Amin. Credit photo: Warta Ekonomi
Credit photo: Warta Ekonomi

Pernah menjadi guru

K. H. Ma’ruf Amin pernah menjadi guru Jakarta Utara pada tahun 1964 sampai 1970. Kemudian beliau menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah Universitas Nahdlatul Ulama, Jakarta pada tahun 1968.

Selanjutnya K. H. Ma’ruf Amin pernah pula menjadi Direktur dan Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan dan Yayasan Al-Jihad pada 1967.

Pernah menjadi Dewan Pertimbangan Presiden SBY

Beliau juga pernah ditunjuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden selama periode tahun 2007-2009 dan 2010-2014. Saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara langsung memintanya untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama.

Istri

Istri beliau sekarang yakni Wury Estu Handayani merupakan istri dari pernikahan yang kedua.

Istri pertama beliau, Siti Churiyah telah meninggal dunia. Dari pernikahan pertama, K. H. Ma’ruf Amin memiliki anak bernama Siti Haniatunnisa, Siti Makrifah, Ahmad Syauqi, dan Ahmad Muayyad. Pernikahan kedua ini terjadi pada 31 Mei 2014 di aula Masjid Sunda Kelapa.

Keduanya menjalani taaruf singkat sebelum memutuskan menikah. Saat itu beliau menikahi Wury yang berumur 40 tahun dan berstatus janda.

Sumber:

– http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/08/10/kh-maruf-amin-sudah-bikin-kaget-ini-5-fakta-sosok-cawapres-joko-widodo-di-pilpres-2019?page=2
– https://news.detik.com/berita/d-4390443/7-fakta-maruf-amin-yang-tak-banyak-bicara-di-debat
– https://www.brilio.net/politik/resmi-jadi-cawapres-jokowi-ini-5-fakta-rekam-jejak-maruf-amin-180809k.html#

Click to comment
To Top