Info Feed

Putri Duyung: 5 Mitos Seram yang Bikin Merinding

Ilustrasi putri duyung. Credit photo: theplumlist.com

Sayaajarkan – Putri duyung merupakan makhluk mitologi yang hingga kini keberadaannya masih menjadi teka-teki. Banyak pengakuan dari beberapa orang di dunia yang konon pernah melihat makhluk setengah manusia setengah ikan ini.

Di berbagai belahan dunia sendiri, duyung memiliki kisah yang berbeda-beda. Berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Mitos Putri Duyung

Putri yang dikutuk

Assyria adalah suatu kerajaan atau kekaisaran yang berpusat di hulu sungai Tigris, Mesopotamia, Irak. Melalui sebuah bukti sejarah tertulis pada lembaran perkamen budaya Assyria dari tahun 1000 SM, para arkeolog menyatakan jika kala itu masyarakat Assyria percaya jika putri duyung awalnya adalah putri raja.

Dirinya kemudian dikutuk dan menceburkan diri ke laut setelah tidak sengaja membunuh suaminya. Di laut inilah wujudnya berubah menjadi setengah ikan. Tidak terima dengan kutukan yang diberikannya, setiap ada kapal yang berlayar di daerah kekuasaannya akan ditenggelamkan.

Bukan makhluk yang baik

Siren adalah nama lain dari sosok wanita setengah ikan yang cantik dan memiliki suara yang sangat merdu. Suara dari para duyung ini menghipnotis para pelaut untuk mengarahkan kapalnya ke areal bebatuan hingga menabrak dan tenggelam. Duyung ini juga dikenal sering merayu bahkan mencium para pelaut. Pelaut yang tergoda kemudian ditarik dan ditenggelamkan ke dasar laut.

Habis baca ceritanya, jadi mikir dua kali kalau mau ketemu putri duyung. Credit photo: Bloody-disgusting.com
Habis baca ceritanya, jadi mikir dua kali kalau mau ketemu mereka. Credit photo: Bloody-disgusting.com

Christopher Columbus Konon Pernah Bertemu 3 Duyung

Kisah Christopher Columbus dan 3 duyung

Christopher Columbus merupakan seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa, Italia, yang menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492.

Konon dia mengaku melihat putri duyung dalam pelayarannya di sekitar Hispanolia. Hispaniola adalah sebuah pulau di Kepulauan Karibia yang merupakan pulau terbesar kedua setelah Kuba.

Columbus menulis dalam catatan harian bahwa dirinya dan para awak melihat 3 duyung. Dia menulis bahwa mereka berseliweran dalam air, tapi muncul ke permukaan ketika kapal mendekat.

Penampakan Mirip Putri Duyung di Maluku

Penampakan orang ikan di Maluku

Pada 1934, saat Perang Dunia II masih berkecamuk, beberapa anggota tim pengintaian Jepang melapor melihat sosok serupa manusia di pulau Kei, Maluku, Indonesia.

Para anggota pasukan Jepang dibuat heran dengan makhluk dengan kepala, leher, dan mulut seperti ikan lele itu. Tapi, setelah bicara dengan penduduk setempat, mereka diberitahu bahwa mahluk itu dikenal sebagai orang ikan.

Indahnya batu Aquamarine. Credit photo: Shutterstock
Indahnya batu Aquamarine. Credit photo: Shutterstock

Benarkah Aquamarine berasal dari air mata putri duyung?

Misteri batu Aquamarine

Aquamarine merupakan batu yang sangat keras dan memiliki kemilau luar biasa yang seperti kaca. Nama Aquamarine berasal dari bahasa Latin kuno yang berarti air laut.

Bagi para penggemar batu mulia pasti tahu dengan batu yang satu ini. Menurut mitos yang beredar, batu mulia bewarna biru laut ini berasal dari air mata duyung. Namun, fakta membuktikan bahwa batu ini ditemukan di daratan.

Sumber:

– https://www.liputan6.com/global/read/2887118/10-laporan-penampakan-putri-duyung-termasuk-di-indonesia
– https://rejekinomplok.net/putri-duyung/
– http://wowasiknya.com/fakta-putri-duyung/

Click to comment
To Top