Info Feed

Nusakambangan: Mengenal Sisi Mengerikan yang Bikin Bergidik

Pulau Nusakambangan. Credit photo: Kompas Regional

Sayaajarkan – Belum lama ini viral video tindak kekerasan terhadap para tahanan narkoba yang dipindahkan ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Dikutip dari Detik, para tahanan tersebut merupakan pindahan dari Lapas Krobokan dan Lapas Bangli.

Buntut dari peristiwa yang diperkirakan terjadi pada Kamis, 28 Maret 2019 itu, Kalapas Narkotika Nusakambangan berinisial HM pun telah dinonaktifkan.

Mengenal Nusakambangan

Di luar peristiwa di atas, Pulau Nusakambangan memang cukup terkenal di Indonesia karena merupakan tempat tahanan kelas kakap dan lokasi hukuman mati. Dirangkum dari yukepo dan suratkabar, Berikut beberapa serba-serbi lain dari Nusakambangan yang menarik untuk diketahui.

Pulau bunga-bungaan

Nusakambangan berarti pulau bunga-bungaan. Berbagai macam tumbuhan khas ritual budaya Jawa ditanam di sini. Nusakambangan tercatat sebagai pertahanan terakhir dari tumbuhan wijayakusuma yang sejati.

Tempat tanpa sinyal

Pada tahun 2017 ditemukan ponsel milik napi Lapas Batu yang digunakan untuk menyelundupkan 1,2 juta pil ekstasi. Sejak saat itu pulau Nusakambangan dibuat tanpa sinyal seluler atau zero sinyal. Namun, narapidana yang berkelakuan baik tetap bisa berhubungan dengan keluarganya menggunakan telepon umum yang diawasi dengan ketat.

Lebih dari seratus napi menunggu giliran

Hanya sedikit dari eksekusi mati di pulau ini yang diberitakan. Salah satu yang sempat heboh adalah kasus narkoba oleh kelompok Bali Nine. Tanpa disadari ternyata ada lebih dari seratus orang sedang menunggu giliran waktu eksekusi. Para narapidana ini juga terlihat sudah begitu pasrah hingga menunggu waktunya tiba.

Bukit Nirbaya, salah satu lokasi seram di Pulau Nusakambangan. Credit photo: Tribun Batam
Bukit Nirbaya, salah satu lokasi seram di Pulau ini. Credit photo: Tribun Batam

Sederet Kisah Mistis di Pulau Nusakambangan

Bukit Nirbaya

Bukit ini menjadi salah satu tempat yang mengerikan di pulau Nusakambangan. Walupun nama bukit ini nggak ada kandungan makna misteriusnya. Konon di bukit ini sering muncul hal-hal mistis berkaitan dengan arwah para narapidana yang tewas dieksekusi.

Penjara sejak zaman Belanda

Beberapa penjara di Nusakambangan ada yang sudah tidak dioperasikan. Konon penjara yang dikelilingi hutan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Di penjara ini tidak sedikit orang yang mengalami kajadian-kejadian aneh dan menyeramkan. Kalau sebelumnya pengalaman menyeramkan berasal dari para narapidana, kali ini berasal dari petugas penjara saat berkeliling hutan. Petugas ini dibuat bingung hingga berputar-putar nggak menemukan jalan keluar.

Melarikan diri akan sia-sia

Walaupun penjagaan di pulau ini sangat ketat, beberapa narapidana pernah mencoba melarikan diri. Tapi, pilihan untuk mencoba melarikan diri sebenarnya akan sia-sia bahkan bisa mengakibatkan kematian. Letak penjara berada di kawasan hutan selatan Jawa Tengah dan dihuni oleh hewan buas.

Click to comment
To Top