Info Feed

Ingin Memelihara Hewan? Pertimbangkan 6 Hal Ini

Yang harus dilakukan sebelum memelihara hewan. Credit photo: oldcourtanimalhospital

Sayaajarkan – Memiliki hewan peliharaan menjadi hobi yang sangat menyenangkan bagi sebagian dari kita. Orang yang berhati penyayang cenderung suka memelihara hewan.

Nah, jika kita tertarik untuk mulai memiliki hewan peliharaan. Berikut adalah 6 hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum memutuskan memelihara hewan.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Hewan

Sesuaikan dengan gaya hidup

Hal ini patut kita pertimbangkan. Jika kita suka dengan ketenangan, pilihlah binatang peliharaan yang tidak manja dan berisik, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, kita juga harus siap dengan tanggungjawab yang akan kita emban. Salah satu contohnya adalah anjing husky, ketika kita memutuskan untuk memeliharanya, berarti kita sudah siap meluangkan banyak waktu untuk mengajaknya bermain.

Ruang

Masih banyak orang di Indonesia yang kurang mempertimbangkan ruang ketika memutuskan memelihara hewan. Padahal hal ini sangat penting bagi kesehatan hewan peliharaan, lingkungan rumah, maupun tetangga sekitar. Coba pikirkan masak-masak dan jangan bersikap egois.

Memilih dokter hewan

Mempersiapkan kemungkinan buruk wajib dilakukan saat memelihara hewan. Mengetahui lokasi dokter hewan terdekat merupakan bentuk tanggungjawab kita terhadap hewan peliharaan yang telah kita adopsi. Akan sangat dianjurkan untuk melakukan vaksinasi dan pemberian nutrisi tambahan supaya hewan tidak mudah sakit dan tidak menular ke manusia.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal, hewan peliharaan kita pun nantinya akan lebih bahagia. Credit photo: akc.org
Dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal, hewan peliharaan kita pun nantinya akan lebih bahagia. Credit photo: akc.org

Persetujuan orang rumah

Jika masih tinggal bersama keluarga atau teman, kita harus meminta ijin terlebih dahulu sebelum mengadopsi hewan peliharaan. Hal ini supaya tidak timbul masalah di kemudian hari dan hewan peliharaan bisa diterima dengan baik.

Tahu yang dibutuhkan hewan

Cari tahu sebelumnya segala sesuatu yang dianjurkan dan dilarang diberikan untuk calon hewan peliharaan. Pastikan ilmu kita sudah cukup dan jangan segan bertanya kepada yang berpengalaman apabila ada keraguan dalam merawatnya.

Steril

Hal ini tidak berlaku bagi semua hewan peliharaan. Namun apabila kita merasa akan sulit merawatnya ketika berkembangbiak, ada baiknya mempertimbangkan untuk steril atau memandulkan hewan peliharaan. Hewan peliharaan yang telah steril cenderung lebih stabil dan tidak akan berperilaku berlebihan saat musim kawin.

Sumber:
– https://www.nydailynews.com/featured/sns-a-guide-to-caring-for-your-adopted-pet-20190517-photogallery.html
– https://www.petmd.com/dog/care/evr_multi_10_things_consider_before_pet_adoption?page=2

Click to comment
To Top