Info Feed

Mudik Lebaran: 5 Tips Wajib Supaya Aman dan Nyaman

Tips Mudik Lebaran. Ilustrasi/Credit photo: Pinterest/Kim Leuenberger

Sayaajarkan – Tidak terasa Ramadhan akan segera berakhir dan sebentar lagi kita akan merayakan Idul Fitri alias Lebaran. Sudah siap melakukan perjalanan mudik dan menikmati liburan di kampung halaman?

Bagi yang hendak pulang kampung, segala persiapan harus diperhatikan. Karena bila tidak cermat, bukannya menyenangkan, perjalanan mudik Lebaran kita justru akan terasa merepotkan.

Baik itu menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, sini saya ajarkan tipsnya supaya perjalanan mudik kita aman dan nyaman!

Tips Aman Mudik Lebaran

Packing efisien

Packing secara efisien jadi salah satu kunci dalam melakukan perjalanan. Baik saat mudik atau traveling, jumlah dan cara kita menata barang bawaan akan menentukan segalanya.

Jangan membawa barang berlebihan. Ingat, kita tidak sedang pindah rumah. Selain membawa barang secukupnya, penataannya juga harus tidak makan tempat. Alih-alih melipat pakaian, ada baiknya kita gulung.

mudik motor
Selalu ingat untuk perhatikan keselamatan dan kesehatan kita dan orang terdekat kita ketika sedang mudik.

Bawa bekal cukup

Biasanya, harga makanan di tempat pemberhentian atau pariwisata lebih mahal daripada tempat lainnya. Supaya hemat, sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman sendiri. Sesuaikan jumlahnya dengan lama perjalanan kita.

Roti-rotian, nasi bento serta air mineral dalam botol bisa menjadi pilihan praktis. Keluarkan uang hanya untuk menikmati minuman panas seperti kopi atau teh. Tapi di warung biasa saja kalau mau murah!

Bawa Obat-obatan

Apakah kita punya masalah dengan gigi? Mudah sakit kepala hingga mabuk perjalanan?

Supaya tidak repot saat kambuh harus menunggu bis atau kereta api sampai tujuan baru kita dapat membeli obat, persiapkan segalanya dari rumah.

Bawa Uang Cukup

Uang jadi faktor terpenting dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran. Alangkah baiknya jangan mudik dengan keadaan kantong yang pas-pasan.

Selain biaya perjalanan pulang-pergi, selalu persiapkan uang lebih untuk berbagai keadaan darurat dan tidak terencana. Selain aman, juga nyaman. Jangan sampai tujuan untuk bercengkrama dengan keluarga di kampung halaman jadi terganggu karena masalah lain.

Periksa ke dokter

Kesehatan tidak bisa dibeli dengan uang. Sebelum mudik pastikan kita dalam keadan sehat. Periksakan ke dokter untuk memastikan segalanya. Bukan rahasia lagi dalam perjalanan mudik bisa terjadi hal-hal seperti macet luar biasa lama, hingga keletihan akibat berdesak-desakan dan membawa barang bawaan.

Jangan paksakan diri bila beresiko tinggi bagi kesehatan. Butuh tenaga dan tubuh prima serta mental yang kuat untuk melakukannya. Jangan sampai libur Lebaran kita hanya dilewati dengan sakit.

Bagaimana? Siap mudik Lebaran? Atau punya tips tambahan supaya pulang kampung semakin aman dan nyaman? Beritahu kami, ya!

Click to comment
To Top