Info Feed

Inilah 7 Serangga Paling Cantik di Dunia

7 Serangga Tercantik di dunia. Credit photo: dunia1

Sayaajarkan – Di dunia ini terdapat lebih dari 1 juta spesies serangga. Serangga juga merupakan organisme yang paling beragam di dunia.

Dominasi serangga tidak hanya dalam hal jumlah, tetapi juga terdiri dari beberapa kelompok makhluk paling indah di planet ini termasuk kupu-kupu, capung, lebah, kumbang, dan ngengat.

Untuk menambah kekaguman kita akan hewan beruas ini, berikut adalah 7 serangga paling indah di dunia:

7 Serangga tercantik di dunia

Atlas Moth

Atlas Moth merupakan spesies ngengat terbesar di dunia. Atlas Moth dewasa memiliki lebar sayap hingga 12 inci. Ngengat besar ini juga merupakan salah satu ngengat paling indah di dunia.

Atlas Moth. Credit photo: Calacademy.org
Atlas Moth. Credit photo: Calacademy.org

Mereka memiliki sayap coklat berkarat yang sangat menarik dan sayap belakang dengan garis-garis ungu, merah, kuning dan hitam.

Kupu-kupu kaca

Kupu-kupu kaca memiliki sayap indah dan transparan. Kupu-kupu eksotis ini hidup di taman dan hutan Amerika Tengah. Lebar sayapnya bisa mencapai 5,5 hingga 6 cm.

Kupu-kupu kaca. Credit photo: fakta4
Kupu-kupu kaca. Credit photo: fakta4

Sayap transparan membuat kupu-kupu ini sangat sulit dikenali. Itulah cara mereka bersembunyi dari pemangsa seperti burung. Garis tepi sayap mereka berwarna coklat gelap.

Kumbang Filbert

Kumbang Filbert adalah serangga asli yang menarik tetapi berbahaya di bagian barat Amerika Utara. Makhluk kecil ini dianggap sebagai hama karena dapat menyebabkan kerusakan pada pohon ek.

Kumbang Filbert
Kumbang Filbert

Kumbang Filbert memiliki moncong panjang yang menarik. Tetapi sulit untuk menemukan mereka.

Ladybug

Ladybug atau kepik adalah serangga ramah petani yang terkenal dengan bentuknya yang oval dengan bintik-bintik khas. Ada 5000 jenis kepik di dunia. Meskipun kepik ada dalam berbagai warna dan pola, tubuh oranye atau merah dengan bintik hitam adalah yang paling umum.

Ladybug
Ladybug

Warna cerah kepik adalah peringatan bagi pemangsa mereka. Jika terancam, serangga ini mengeluarkan cairan dari persendian di kaki mereka yang membuat mereka terasa tidak enak.

Kumbang Natal hingga Ulat Ngengat Cecropia

Kumbang Natal

Kumbang Natal adalah kumbang asli Australia yang berwarna cerah. Kumbang ini dinamai demikian karena mereka berlimpah di daerah perkotaan menjelang Natal.

Kumbang Natal. Credit photo: Tempo
Kumbang Natal. Credit photo: Tempo

Ada sekitar 35 spesies kumbang Natal di Australia. Ini adalah serangga besar dengan panjang maksimal 20 mm. Sebagian besar spesies ditemukan dalam warna hijau, emas dan coklat.

Lebah Anggrek

Lebah Anggrek. Credit photo: Satujam
Lebah Anggrek. Credit photo: Satujam

Lebah anggrek adalah salah satu serangga paling berwarna di dunia. Ada 200 spesies lebah anggrek yang berbeda di dunia. Mereka hidup di daerah tropis dan subtropis di Amerika Selatan dan Tengah.

Ulat ngengat Cecropia

Ulat Ngengat Cecropia
Ulat Ngengat Cecropia

Sangat diragukan untuk menemukan serangga lain yang berwarna dan seindah ulat ngengat cecropia. Dengan lebar sayap hingga 6 inci, ngengat cecropia adalah ngengat terbesar di Amerika Utara.

Sumber:
— https://themysteriousworld.com/most-beautiful-insects/
— https://admiralpest.com/blog/top-10-most-beautiful-insects-in-the-world

Click to comment
To Top