Info Feed

Mengintip Negara dengan Jumlah Umat Buddha Terbesar di Dunia

Patung buddha. Credit photo: easytourchina.com

Sayaajarkan – 19 Mei 2019 kemarin umat Buddha baru saja merayakan Hari Raya Waisak. Terkait dengan hal itu, Sayaajarkan akan sedikit bercerita mengenai negara dengan jumlah umat Buddha terbesar di dunia.

Dalam proses perkembangannya, agama Buddha telah menyentuh hampir seluruh benua Asia dan telah menjadi agama mayoritas di beberapa negara Asia seperti China, Taiwan, Thailand, Singapura, Kamboja, Myanmar, dan lainnya.

Memiliki Jumlah Umat Terbesar di China

Seperti dikutip dari BBC dan berbagai sumber, agama Buddha sebenarnya lahir di India. Tiongkok atau China menjadi negara dengan jumlah umat terbesar di dunia. China merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur dengan ibukota bernama Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dan luas wilayah terbesar keempat di dunia.

Peta negara China. Credit photo: chinadiscovery.com
Peta negara China. Credit photo: chinadiscovery.com

China memiliki ekonomi paling besar dan paling kompleks di dunia selama lebih dari dua ribu tahun, beserta dengan beberapa masa kejayaan dan kejatuhan. Sejak diperkenalkannya reformasi ekonomi tahun 1978, China menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Pada perang saudara terakhir di negara ini, berakhir dengan jalan buntu dan mengakibatkan adanya dua negara yang memiliki dua nama Tiongkok yaitu Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Tiongkok yang lebih umum dikenal sebagai “Taiwan”.

Konsep Ketuhanan

Sejarah agama ini dimulai sejak abad ke-6 Sebelum Masehi sampai sekarang. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu agama tertua di dunia.

Bila kita mempelajari ajaran agama ini seperti yang terdapat dalam kitab suci Tripitaka, maka bukan hanya konsep Ketuhanan yang berbeda dengan konsep Ketuhanan dalam agama lain, tetapi banyak konsep lain yang tidak sama. Konsep-konsep agama Buddha yang berlainan itu antara lain tentang alam semesta, terbentuknya Bumi dan manusia, kehidupan manusia di alam semesta, kiamat, serta keselamatan atau kebebasan.

Di agama Buddha, tujuan akhir hidup manusia adalah mencapai kebuddhaan atau pencerahan sejati dimana satu makhluk tidak perlu lagi mengalami proses tumimbal lahir.

Tumimbal Lahir adalah istilah sehubungan dengan kelahiran kembali suatu mahluk hidup dalam alam kehidupan yang sama atau berbeda serta tidak membawa kesadaran akan kehidupan dari alam sebelumnya. Republik Rakyat Tiongkok diperkirakan memiliki umat Buddha sebanyak 244,1 juta jiwa atau sekitar 46,4% dari penganut agama ini di dunia.

Sejarah Agama Buddha

Berdasarkan naskah-naskah sejarah yang ada serta sumber-sumber ikonografi arkeologi yang ditemukan sejak tahun 1980-an, khususnya manuskrip Buddhis abad pertama yang telah ditemukan di Afganistan, teori yang paling meyakinkan adalah penyebaran agama Buddha dimulai dari Yuezhi di bagian barat laut India (saat ini Afghanistan dan Pakistan), dan mengambil jalur darat untuk mencapai daratan Tiongkok. Setelah memasuki Tiongkok, agama ini berakulturasi dengan Daoisme dan kepercayaan Hanzi tradisional lainnya.

Sumber:
– https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Buddha_di_Tiongkok
– http://www.ayopurwakarta.com/read/2018/05/29/1359/5-negara-dengan-jumlah-pemeluk-agama-buddha-terbesar-di-dunia
– https://map-bms.wikipedia.org/wiki/Agama_Buddha
– https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Rakyat_Tiongkok

Click to comment
To Top