Info Feed

Bye Jakarta, Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan

Ibu Kota baru?

Sayaajarkan – Dalam pidato kenegaraan di sidang DPD DPR-RI 16 Agustus 2019, Presiden Jokowi kembali menyampaikan soal pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan. Hal ini tentunya menjadi penegasan sekaligus mengunci kemana Ibu Kota Negara Indonesia akan dipindah.

Sudah cukup lama memang isu pemindahan Ibu Kota Indonesia di masa pemerintahan Jokowi. Namun seperti yang sebelum-sebelumnya, Presiden Jokowi tidak menunjuk secara spesifik di mana lokasi tepatnya di Pulau Kalimantan.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya banggakan, pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan. – Penggalan pidato kenegaraan Jokowi 16 Agustus 2019

Sedikit bocoran atau kisi-kisi telah disampaikan pula oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil bahwa pemerintah mempunyai beberapa alternatif lokasi yang bisa menjadi pilihan, yaitu tempat yang 90% tanahnya adalah tanah negara dan yang 50% tanah negara dan 50% tanah rakyat.

Sedangkan menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, ditahap awal ibu kota baru akan menampung 1,5 juta penduduk. Perhitungan tersebut sudah termasuk perkiraan jumlah PNS pusat, pegawai legislatif, yudikatif, legislatif yang diperkirakan sebanyak 200.000 jiwa. Sementara untuk aparat Polri dan TNI sekitar 25.000 jiwa.

Kira-kira dimana ya? Pak Jokowi bikin penasaran aja nih. Tapi kalo di kasih tahu sekarang, pastinya bakal lebih kacau sih ya karena pasti harga tanah naik dengan tidak wajar akibat akan banyaknya orang-orang mulai mengambil kesempatan membeli tanah di tempat tersebut yang tentunya dapat merusak perencanaan pembangunan maupun anggaran yang disiapkan.

Kemanapun nanti akan pindah, semoga ini menjadi langkah yang baik untuk kemajuan Indonesia.

Sumber:

https://www.tribunnews.com/nasional/2019/08/16/menteri-sofyan-djalil-beri-bocoran-lokasi-calon-ibukota-negara https://www.viva.co.id/berita/nasional/1175201-bye-jakarta-ibu-kota-negara-pindah-ke-kalimantan

Click to comment
To Top