Info Feed

Hutan Amazon Kebakaran Lagi. Apa Penyebabnya?

hutan amazon kebakaran

SayaAjarkan – Hutan Amazon kembali lagi kebakaran. Ini sudah menjadi yang kesekian kalinya dan menjadi rekor kebarakan terbanyak sejak tahun 2013. Tercatat lebih dari 72.000 kali sudah kebakaran terjadi di tahun 2019 ini. Sebenarnya, apa yang membuat hutan ini sering kali kebakaran?

Kebakaran yang terjadi ditahun ini, menurut data satelit National Institute for Space Research (INPE), menunjukan peningkatan 83 persen dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Kebakaran hutan biasanya memang terjadi di saat musim kemarau di Brasil. Namun seringkali, kebakaran sengaja dimulai dalam upaya secara ilegal menebangi lahan untuk peternakan.

Peternakan sapi adalah pendorong terbesar deforestasi di setiap negara Amazon, yang merupakan 80 persen dari laju deforestasi saat ini. Amazon Brasil adalah rumah bagi sekitar 200 juta ekor sapi, dan merupakan eksportir terbesar di dunia, memasok sekitar seperempat dari pasar global.

INPE menjelaskan juga bahwa lebih dari 9.500 kebakaran hutan Amazon yang terjadi sejak Kamis (22/8/19), berada di sebagian besar kawasan Amazon.

Beberapa konservasionis menyalahkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro atas kebakaran hutan yang terjadi dengan mengatakan bahwa Ia telah membiarakan para penebang dan petani untuk membersihkan lahan.

Tentunya Bolsonaro tidak setuju akan hal tersebut. Tidak hanya kepada konservasionis, Presiden Bolsonaro tidak suka apabila ada negara-negara lain yang mencampuri urusan kebakaran di hutan Amazon. Ia marah saat Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan keprihatinan mereka.
 
“Negara-negara ini, yang mengirim uang ke sini, mereka tidak mengirimkannya karena amal. Mereka mengirimnya dengan tujuan mengganggu kedaulatan kita,” kata Bolsonaro dalam siaran langsung di Facebook, Jumat, 23 Agustus 2019.

Jaksa federal Brasilpun mengatakan bahwa mereka akan membuka penyelidikan resmi terkait dengan peningkatan deforestasi dan kebakaran hutan yang terjadi. Penyelidikan ini nantinya akan memperjelas situasi apakah kebakaran ini terjadi karena telah berkurannya pemantauan dan penegakan hukum terhadap perlindungan lingkungan atau tidak.

Sudah Berapa Lamakah Kebakaran Hutan Amazon Terjadi?

Karena banyaknya kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon, sulit diprediksi sebenarnya kapan tepatnya dimulai. Namun, kebakaran telah meningkat baru-baru ini, dengan lebih dari 9.500 kali terjadi sejak Kamis.

Sejak Januari, 72.000 kebakaran telah melanda hutan hujan, jumlah yang kemungkinan akan meningkat dalam beberapa minggu mendatang.

Tentu kita tidak ingin kebakaran ini terus berlanjut. Hutan Amazon merupakan hutan hujan terbesar di dunia dan menjadi salah satu paru-paru dunia mengatasi polusi udara. Hutan ini memproduksi kurang lebih 20% oksiken ke atmosfer. Selain dapat mencegah global warming, hutan juga merupakan habitat fauna dan flora berada.

Semoga kebakaran bisa segera berkurang dan mari kita berharap agar hutan-hutan di tempat lainnya terutama di Indonesia juga tidak mengalami kebakaran.

hutan amazon terbakar lagi
Infografis Hutan Amazon. Credit Photo: express.co.uk

Click to comment
To Top