Info Feed

Mengintip Calon Menteri Jokowi dan KH Ma’ruf Amin, Siapa Saja?

Calon menteri Presiden Jokowi. Sumber foto: Instagram.com/jokowi

Sayaajarkan – Teka-teki mengenai para pengisi Kabinet Kerja Presiden Jokowi Jilid ke-2 mulai menemukan titik terang.

Sejak Senin. 21 Oktober 2019 kemarin, beberapa nama mulai datang satu persatu ke Istana Negara. Hampir kesemuanya memakai kemeja putih lengan panjang yang biasa dikenakan oleh Presiden Jokowi.

Meski belum diumumkan secara resmi, namun sebagian besar dari mereka mengaku telah diberi tugas oleh Jokowi untuk pemerintahan periode 2019-2024. Siapa saja mereka?

Mengintip Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2

Mahfud MD

Sebagai tokoh pertama yang tiba di Istana pada Senin kemarin, Mahfud MD menyebut telah ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Belum diketahui bidang apa yang akan ia pegang nanti. Namun Mahfud mengaku berdiskusi dengan Presiden terkait HAM, masalah hukum, deradikalisasi, serta pemberantasan korupsi.

Nadiem Makarim

Co-founder dan CEO GoJek, Nadiem Makarim resmi menanggalkan kepemimpinannya di GoJek. Langkah ini diambil setelah dirinya diminta oleh Presiden Jokowi untuk menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Melalui statement resminya, GoJek mengaku bangga dengan langkah besar NadieM. Menurut mereka, hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, di mana visi seorang pendiri startup lokal mendapat pengakuan dan dijadikan contoh untuk pembangunan bangsa.

Wishnutama

Selain Nadiem Makarim, pendiri dan pemimpin NET TV, Wishnutama juga mengaku telah diminta Presiden Jokowi untuk membantunya di Kabinet Kerja Jilid 2.

Erick Thohir hingga Nico Harjanto

Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, sekaligus bos media, Erick Thohir terlihat turut datang ke Istana pada Senin lalu. Ia menyebut dirinya telah siap untuk menjabat sebagai menteri Jokowi.

Airlangga Hartanto

Sekitar pukul 13.34 WIB, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto juga menghampiri awak media. Ia masuk ke Kabinet Kerja Jilid 2.

Pratikno, Fadjroel Rachman, dan Nico Harjanto

Dalam momen tersebut, nampak pula Menteri Sekretaris Negara, Pratikno yang datang bersama Komisaris Utama Adhi Karya, Fadjroel Rahman dan Staf Khusus Mensesneg, Nico Harjanto.

Prabowo dan Edhy Prabowo

Prabowo Subianto

Ketua umum Partai Gerindra, Prabowo yang merupakan rival Jokowi pada Pilpres 2019 lalu juga diminta untuk masuk ke dalam Kabinet Kerja Jilid 2. Ia mengaku akan masuk di bidang pertahanan.

Edhy Prabowo

Datang bersama Prabowo, Edhy Prabowo pun menyebut akan ikut serta pada Kabinet Kerja Jilid 2. Detail mengenai jabatan yang akan ia emban baru akan diketahui pada hari pelantikan, yakni pada Rabu (23/10/2019) esok. Hingga berita ini dibuat, pemanggilan calon-calon menteri masih terus dilakukan.

Sumber:
– Press rilis GoJek
– https://nasional.kompas.com/read/2019/10/22/08122811/titik-terang-calon-menteri-jokowi-maruf-dari-nadiem-hingga-prabowo?page=5

Click to comment
To Top