Info Feed

Calon Sarjana Plagiat?

Sayaajarkan – Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar “Calon Sarjana”? Mungkin sebagian besar dari kamu akan berpikir soal mahasiswa smester akhir yang akan segera diwisuda. Tapi tahukah kamu bahwa ada sebuah channel YouTube bernama Calon Sarjana?

Calon Sarjana adalah sebuah channel YouTube yang bertemakan edukasi dalam berbagai hal. Channel ini tampil dalam balutan video dan narasi yang santai dan mudah dicerna. Karenanya wajar saja bila channel tersebut kemudian berkembang dengan cukup pesat. Hingga saat ini channel YouTube Calon Sarjana telah memiliki 12 juta lebih subscriber. Bahkan channel Calon Sarjana masuk dalam nominasi kreator digital terfavorit 2019 dalam Panasonic Gobel Award.

Namun demikian ada hal yang mengejutkan datang dari Twitter yang mendadak trending dengan #calonsarjana. Sayangnya bukan hal positif yang muncul, namun soal dugaan plagiat yang dilakukan oleh channel Calon Sarjana.

Permasalahan

Adalah channel YouTube JT yang pertama mengunggah sebuah video dengan judul “YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video…(#1 Indonesian YouTuber)” atau bila diterjemahkan “YouTuber dengan 12 JUTA subscriber MENCURI video saya…(#1 YouTuber Indonesia)”. Di dalam video tersebut JT menunjukkan secara jelas perihal videonya yang diambil oleh channel Calon Sarjana.

Bukti Calon Sarjana mengambil video milik JT
Credit Video: YouTube @JT

Hal inipun telah direspon langsung oleh akun Twitter @CalonSarjanaaa yang merupakan akun Twitter dari channel YouTube Calon Sarjana dengan permohonan maaf kepada JT @JtonYouTube dan video yang dimaksud oleh JT pun saat ini sudah menghilang dari channel YouTube Calon Sarjana.

Permintaan Maaf Calon Sarjana
Credit Photo: Twitter @CalonSarjanaaa

Namun demikian, setelah kejadian ini banyak netizen yang mengungkapkan bukti-bukti lain terkait plagiat yang dilakukan channel Calon sarjana.

Kesamaan video Calon Sarjana dengan video lain
Credit Photo: kaskus.co.id

YouTube sendiri sebenarnya telah memiliki aturan tegas terkait reupload. Dan bertahannya channel Calon Sarjana hingga menembus 12 juta lebih subscriber tentunya tidak lepas dari pengawasan pihak YouTube. Artinya sejauh ini apa yang dilakukan channel Calon Sarjana masih diperkenankan secara sistem oleh Youtube.

Pertanyaan terbesarnya adalah, apakah dengan penambahan watermark pada thumbnail dan video, perubahan transisi video, musik, serta alih bahasa adalah sesuatu yang masih dianggap wajar oleh YouTube sekalipun isi kontennya sama? Padahal ide konten dan kreasi video adalah core yang harusnya dilindungi oleh YouTube.

Jadi apakah menurutmu channel Calon Sarjana plagiat dan melanggar aturan?

Click to comment
To Top