Info Feed

TAHUKAH KAMU: Fakta Foto Ikonik Bung Tomo

Foto Ikonik Bung Tomo

Sayaajarkan – Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan foto seorang pria yang tengah berpidato dengan sorot mata yang bersemangat. Yup, itu adalah foto ikonik Bung Tomo yang kerap muncul dalam momen Hari Pahlawan yang diperingati pada tanggal 10 November. Tapi tahukah kamu bahwa nyatanya foto tersebut bukanlah foto Bung Tomo yang diambil pada 10 November 1945 ketika sedang menyampaikan pidato fenomenalnya.

Foto Ikonik Bung Tomo
Credit Photo: palu.tribunnews.com

Berdasarkan penuturan Istri Bung Tomo, Sulistina. Dia menuturkan bahwa foto tersebut adalah betul asli foto Bung Tomo, namun demikian momen yang tergambar dalam foto itu bukanlah momen ketrika Bung Tomo menyampaikan pidato fenomenalnya untuk peristiwa Pertempuran 10 november 1945 di Surabaya, melainkan momen ketika Bung Tomo berpidato di Lapangan Mojokerto pada tahun 1947. Kala itu Bung Tomo berpidato pada sebuah acara dalam rangka mengumpulkan pakaian bagi korban perang Surabaya. Karena saat itu warga Surabaya masih tertahan di pengungsian Mojokerto dan jatuh miskin akibat Surabaya masih dikuasai pasukan sekutu

Adapun momen penuh gelora tersebut diduga direkam oleh kamera fotografer Alexius Mendur, seorang fotografer dari IPPhoS (Indonesia Press Photo Services). Yang kemudian foto tersebut oleh Sang fotografer diterbitkan di sebuah majalah dwi bahasa Mandarin-Indonesia, yaitu Nanjang Post, edisi Februari 1947.

Alex Mendur sendiri merupakan kawan baik Bung Tomo dan juga merupakan orang yang memotret peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945 dan pengibaran bendera pusaka.

Click to comment
To Top