Info Feed

Persyaratan dan Cara Mengurus SKCK

Sayaajarkan – Tahukah kamu bahwa ternyata mengurus SKCK itu tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini sayaajarkan bagaimana cara mengurus SKCK dengan benar.

Mengurus SKCK
Credit Photo: tirto.id

SKCK dapat kamu urus di semua kantor Polisi baik Polsek, Polres, Polda, maupun Mabes Polri. Namun demikian, pertama-tama tentunya kamu harus mengetahui terlebih dulu untuk persyaratan apa SKCK yang akan kamu buat. Sebab, SKCK yang dikeluarkan tiap tingkatan instansi Kepolisian memiliki fungsi yang berbeda. Untuk hal tersebut kamu bisa cek informasinya di sini. Setelah itu, selanjutnya kamu tinggal harus menyiapkan persyaratan yang diperlukan.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Mengurus SKCK

  • Fotocopy KTP .
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi Akta Kelahiran atau surat pengantar dari kelurahan (Jika tidak memiliki Akta Kelahiran)
  • Surat keterangan dari Dukcapil (Jika belum memiliki KTP atau KTP hilang).
  • Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang berwarna merah dengan berpakaian sopan. Bagi yang menggunakan hijab, pastikan wajahmu terlihat dengan sangat jelas.

Ada baiknya, untuk semua dokumen yang difotocopy juga dibawa aslinya. Karena terkadang diperlukan pemeriksaan dokumen asli.

Setelah melengkapi semua persyaratannya, sekarang saatnya kamu membawa semua dokumen tersebut menuju kantor polisi yang sesuai dengan SKCK yang kamu butuhkan. Jangan lupa mengenakan pakaian yang rapih dan sopan ya.

Urutan Mengurus SKCK Secara Manual

Sesampainya di kantor Polisi tujuan, berikutnya kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran dan kemudian menyerahkannya beserta semua persyaratan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Selanjutnya kamu tinggal menunggu petugas memverifikasi dokumen persyaratan yang kamu bawa.

Ilustrasi Proses Verifikasi Dokumen
Credit Photo: lowongankerja15.com

Setelah seluruh dokumen kamu selesai diperiksa, kamu akan dipanggil oleh petugas. Bila ada yang kurang maka kamu akan disuruh kembali melengkapinya, namun bila semua persyaratanmu sudah lengkap, maka selanjutnya adalah proses sidik jari dan kamu juga akan diminta mengecek draft SKCKmu, apakah sudah sesuai peruntukannya dengan apa yang kamu inginkan. Setelah semua sudah dianggap sesuai, selanjutnya kamu tinggal membayar administrasi yang besarnya Rp.30.000 dan tinggal menunggu dipanggil untuk mengambil SKCK-mu saat selesai dicetak

Urutan Mengurus SKCK Secara Online

Selain dengan cara manual tradisional seperti di atas. Saat ini pembuatan SKCK dapat dilakukan secara online. Berikut ini adalah tahapan mengurus SKCK secara online

  1. Scan semua dokumen persyaratan.
  2. Scan rumus sidik jari.
  3. Kunjungi situs resmi https://skck.polri.go.id/
  4. Isi formulir pendaftaran.
  5. Pilih Kantor Polisi yang sesuai dengan kebutuhan SKCK-mu
  6. Pilih metode pembayaran, tunai atau transfer melalui virtual account BRI.
  7. Lengkapi data pribadi, pendidikan, ciri fisik, dan keterangan lainnya.
  8. Unggah semua dokumen persyaratan.
  9. Lakukan pembayaran.
  10. Simpan resi dan kode pembayaran untuk pengambilan SKCK di kantor polisi yang sudah dipilih.

Jadi untuk proses online ini kamu tetap perlu ke kantor Polisi untuk mengambilnya ya.

O iya SKCK yang kamu buat hanya memiliki masa berlaku selama 6 (enam) bulan dari tanggal dikeluarkannya ya. Namun jangan khawatir, karena SKCK bisa diperpanjang setelah 6 bulan.

Click to comment
To Top