Info Feed

TAHUKAH KAMU: Tatacara Mengurus SKCK di Luar Negri

Sayaajarkan – Kamu ingin mengurus SKCK tapi  sedang berada di luar negri? Bisa kok. Jangankan kamu yang merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI), bagi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin membuatnya juga bisa. Berikut ini sayaajarkan tata cara dan prosedur bagi WNI maupun WNA untuk mendapatkan SKCK melalui kantor Atase Polri KBRI:

Ilustrasi SKCK
Credit Photo: Indonesia.go.id

WNI

  1. Datang ke kantor Atase Polri KBRI dengan membawa :
    1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
    2. Fotokopi Paspor
    3. Fotokopi Kartu Keluarga
    4. Fotokopi akte lahir/Ijazah sekolah
    5. Pas photo berwarna (latar belakang merah) 4 X 6 sebanyak 6 lembar
  2. Mengisi formulir persyaratan dan melaksanakan pengambilan sidik jari di kantor Atase Polri.
  3. Membayar biaya Rp.30.000,- (PP Nomor 60 tahun 2016 tentang PNBP di lingkungan Polri) dapat dilaksanakan langsung di Mabes Polri saat mengambil SKCK yang sudah diterbitkan.
  4. Atase Polri akan memproses secara on line di kantor Atase Polri KBRI.
  5. Atase Polri akan menginformasikan kepada pemohon apabila proses SKCK sudah selesai, dan pemohon dapat menghubungi keluarga atau kerabatnya yang tinggal di Indonesia untuk mengambil SKCK asli yang telah di terbitkan oleh Mabes Polri. SKCK asli dapat juga dikirimkan ke alamat tempat tinggal pemohon di luar negri. Hanya saja ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pemohon untuk membayar ongkos kirim SKCK tersebut dari Jakarta ke lokasi tujuan.

WNA

  1. Datang ke kantor Atase Polri KBRI dengan membawa:
    1. Fotokopi Kitas I Kitap (Kartu ijin tinggal terbatas/tetap/limited stay permit card)
    2. Fotokopi STM (Surat Tanda Melapor)
    3. Fotokopi Paspor
    4. Pas photo berwarna (latar belakang merah) 4 X 6 sebanyak 6 lembar
  2. Mengisi formulir persyaratan dan melaksanakan pengambilan sidik jari di kantor Atase Polri.
  3. Membayar biaya Rp. 30.000,- (Dasar PP Nomor 60 tahun 2016 tentang PNBP di lingkungan Polri) dapat dilaksanakan di kantor Atase atau langsung di Mabes Polri apabila ada keluarga/kerabat/sponsor yang tinggal di Indonesia.
  4. Atase Polri akan memproses secara on line di kantor Atase Polri KBRI.
  5. Atase Polri akan menginformasikan kepada pemohon apabila SKCK sudah selesai, dan pemohon dapat menghubungi keluarga/kerabat/sponsor yang tinggal di Indonesia (apabila ada) untuk mengambil SKCK asli yang telah di terbitkan oleh Mabes Polri. Apabila pemohon meminta SKCK asli dikirimkan ke tempat tinggal pemohon atau melalui kantor Atase Polri, pemohon dikenakan biaya tambahan untuk membayar ongkos kirim SKCK tersebut dari Jakarta ke lokasi tujuan.

Click to comment
To Top