Lifestyle

Diskon Akhir Tahun: 5 Tips agar Tak Menyesal Beli!

Diskon akhir tahun.

Sayaajarkan – Salah satu yang paling menyenangkan dari hidup ini adalah diskon. Dan sale besar-besaran seperti di akhir tahun memang seperti sayang untuk dilewatkan.

Bayangkan saja, ketika belanja di mal, toko, atau online shop, obral bisa mencapai 50-70%!

Tapi tunggu dulu. Kalau tidak hati-hati, bukannya untung malah buntung. Ogah kecewa dong pastinya, dikiranya murah malah buang uang semata.

Jadi jangan kalap, sebelum tergiur barang-barang di end year sale atau kapan pun, ada baiknya mengecek lima tips berikut sebelum membeli.

Jangan terburu nafsu ketika melihat diskon besar. Telitilah dulu. Credit photo: pinterest.


Teliti Diskon Supaya Tak Menyesal Beli

Harga asli

Oknum toko atau penjual nakal kerap menaikan harga barangnya dulu sebelum memberikan diskon. Jadi kesannya obral, padahal memang harganya segitu. Hati-hati, ya! Jadi sebaiknya riset harga asli barang dulu baik lewat internet maupun sumber lainnya.

Cek toko sebelah

Jangan buru-buru tergiur harga murah. Siapa tahu di toko sebelah barang yang sama bisa didapat jauh lebih murah. Baik belanja langsung di toko atau secara online, jangan malas lihat-lihat dulu baru putuskan kemudian.

Jeli hitung harga

Pernah lihat tulisan diskon “50%+20%” dong? Itu berbeda dengan 70% loh. Jadi jangan malu hitung semuanya dengan kalkulator sebelum membayar ke kasir. Juga angka-angka psikologis “…,99”, kalau cuma sekilas melihatnya, kita pasti akan berpikir untung besar. Pastikan saja dengan kalkulator di handphone!

Hindari beli barang yang tak perlu hanya karena diskonnya tinggi. Credit photo: pixabay.

Hindari Beli Barang Diskon yang Tak Perlu

Periksa kualitas barang

Ada harga, ada rupa. Ungkapan ini meski tak selalu benar, kerap terjadi di kehidupan nyata. Jangan langsung bahagia lihat sale 70%, siapa tahu diobral karena barangnya cacat atau retur. Kalau tidak masalah dengan hal itu, sikat! Tapi kalau sebaliknya, teliti sebelum membeli.

Beli sesuai kebutuhan

Mau didiskon atau tidak, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Mentang-mentang banyak promo kartu kredit lalu memborong semuanya. Waduh, jauhnya jadi banyak hutang! Jadi pastikan sesuai budget dan tentukan prioritas, ya! Jangan sampai kalap beli barang diskonan malah justru jadi tidak bisa makan selama sebulan.

Punya tips lain yang patut dibagikan? Beritahu kami, ya! Selamat berbelanja barang diskonan!

Referensi:
-Pengalaman pribadi
-https://www.merdeka.com/uang/banjir-diskon-di-akhir-tahun-ini-tips-agar-tidak-tertipu.html
-https://www.cekaja.com/info/trik-berburu-diskon-akhir-tahun/

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top