Info Feed

Naik Gunung: Tips Memilih Sepatu yang Tepat

Naik Gunung

Sayaajarkan – Bagi yang suka naik gunung, sudah pasti pemakaian sepatu menjadi alat yang wajib untuk dimiliki. Pastinya, benda ini menawarkan fungsi yang jauh lebih baik daripada sendal gunung, apalagi sendal jepit.

Selain faktor keamanan dan kenyamanan, kadang ada juga orang yang membeli sepatu berdasarkan hanya berdasarkan harga, model, atau lantasan sedang ada diskon akhir tahun. Padahal, ada banyak faktor penting untuk memilih sepatu yang tepat lho.

Apa saja? Sini, saya ajarkan tipsnya.

Memilih Sepatu yang Tepat untuk Naik Gunung

Ukuran

Pilih sepatu yang pas dengan kaki kita, agar enggak kesempitan dan juga jangan terlalu longgar. Kalau terlalu sempit, menyebabkan kaki mudah cedera, dan enggak nyaman untuk berjalan. Supaya sepatu enggak longgar, caranya dengan memajukan jari kaki kita sampai mentok ke ujung sepatu. Perhatikan ruang di belakang tumit kaki (batas toleransinya, enggak boleh ada ruang melebihi 2 jari tangan kita).

Gunakan Kaos Kaki

Ini juga wajib kita pakai, agar kaki kita lebih pas di dalam sepatu. Disarankan menggunakan yang lebih tebal agar menjaga suhu tetap hangat, dan pilihlah bahan yang anti bakteri. Sehingga kaki kita enggak gampang jamuran atau enggak mudah infeksi jika ada luka.

Pilih Sepatu yang Ringan

Yang namanya naik gunung sudah pasti bawaan kita cukup berat. Jadi, pilihlah yang alas kaki sepatu yang enggak berat dibawa jalan. Karena, sepatu yang ringan mampu mengurangi beban 100-200 gram setiap kali kita melangkah. Jadi, kita bisa menghemat tenaga dan enggak gampang lelah.

Dengan sepatu yang tepat, naik gunung akan terasa lebih menyenangkan. Credit photo: The Solo Voyager.

Waktu yang tepat membeli sepatu

Beli Sepatu pada Sore Hari

Fakta mengatakan bahwa setelah aktivitas seharian, secara enggak sadar ukuran kaki akan lebih besar dibandingkan di pagi hari. Alasan inilah yang kita harus pertimbangkan, mengingat perjalanan naik gunung membutuhkan kenyamanan karena harus menempuh perjalanan yang cukup lama.

Sesuaikan dengan Kondisi Iklim, Jalur Pendakian dan Bahan Sepatu

Indonesia cenderung mempunyai iklim tropis dengan curah hujan dan kelembapan tinggi. Belum lagi medan yang terjal, berlumpur, licin, atau berkerikil. Pilihlah sepatu yang mempunyai bahan yang terbuat dari Gore-Tex, karena anti air namun kaki tetap dapat bernapas. Selain itu, pastikan mempunyai sol terbaik agar sepatu mampu melewati medan yang sulit dan enggak gampang rusak.

Satu lagi, jangan sampai salah membeli karena alasan harga yang murah. Karena faktor keamanan dan keselamatan, jauh lebih mahal daripada harga sepatu yang murah. Dan perlu kita ingat, fungsi sepatu ini cocoknya digunakan untuk naik gunung, bukan untuk aktifitas harian di jalan aspal atau trotoar ya. Karena, bisa membuat sol menjadi cepat rusak jika kita memakainya di medan yang enggak tepat.

Sumber:
https://www.kathmandu.com.au/be-inspired/tips-and-how-tos/how-to-choose-hiking-boots-and-shoes

Click to comment
To Top