Traveling

9 Kesalahan Terbesar Dalam Traveling

traveling

Sayaajarkan – Bagi sebagian orang, wajib hukumnya untuk traveling minimal sekali dalam setahun, tidak peduli kemana tujuannya. Bahkan ada juga yang hingga lebih dari 3 kali melakukannya dalam setahun. Penting banget karena bisa melepas penat.

Baik bagi yang sudah berpengalaman maupun yang baru pertama kalinya traveling, adalah hal yang umum untuk membuat kesalahan. Namun, kadang kesalahan ini bisa menjadi mimpi buruk dan akhirnya kita keluar banyak uang untuk memperbaikinya.

traveling

Jadi, apa saja kesalahan yang sering kita lakukan dan bagaimana menghindarinya? Mari sayaajarkan.

Terlalu Banyak Itinerary

Terkadang rasa antusias dan bahagia yang menyelimuti ketika akhirnya liburan tiba, membuat kita jadi sembrono dalam mengatur tempat dan jadwal acara. Kita dengan penuh energi mengatur jadwal acara yang penuh dengan ke tempat A, tempat B-C-D dan seterusnya dalam satu kali liburan ini. Kita optimis bisa mengunjungi semuanya.

Sebaliknya, jadilah fleksibel. Jangan takut untuk mengubah rencana jika waktunya tidak cukup atau kekurangan uang. Pertimbangkan juga waktu perjalanan dari tempat A ke tempat B, waktu untuk istirahat atau makan, belum lagi jika kena macet atau delay.

Overpacking

Rasa antusias juga akan membuat kita tergoda untuk membawa banyak pakaian dengan alasan mau tampil stylish, repot cuci baju, biar ada baju cadangan, dan lain sebagainya. Apalagi jika kita pergi ke tempat baru yang belum kita kenali sama sekali.

Namun terlalu banyak membawa baju saat packing akan membuat kita kesulitan untuk mengangkut koper belum lagi resiko kena charge untuk kelebihan bagasi. So, bawalah baju secukupnya saja. Bawa baju yang bisa di mix dan match-kan, plus kita juga selalu bisa mencuci baju kok selama traveling.

traveling

Tidak Memperhatikan Masa Berakhir Paspor

Paspor adalah hal yang sangat penting. Ini adalah identitas kita dan barang wajib yang harus dibawa keluar negeri agar kita bisa diizinkan masuk ke negara orang. Jadi wajib hukumnya kita melihat masa berlaku paspor. Hampir semua negara memberlakukan aturan minimal 6 bulan sebelum berakhir untuk masuk ke negara tersebut, dan ada pula negara yang mengharuskan kita masih punya 1 atau 2 halaman kosong di paspor, walaupun masa berlakunya masih panjang.

Jangan mepet-mepet ketika mengurus paspor, karena kita juga masih harus mengurus visa yang terkadang membutuhkan waktu agak lama. Jika tidak memperhatikan hal ini, maka resiko akan ditolak dan tentunya kita tidak mau mengalami hal tersebut kan.

traveling

Belum Menukar Uang Lokal

Untuk yang bepergian ke luar negeri, satu hal yang harus kita lakukan adalah menukar uang kita dengan mata uang lokal. Memangnya banyak dari kita yang sudah mempunyai kartu kredit, tapi kan tidak semua tempat menerima pembayaran dengan cara tersebut. Terutama ketika kita membayar taxi atau transportasi lokal, mengunjungi pasar tradisional, dan lain sebagainya.
Juga tidak perlu ragu untuk menukar lebih banyak untuk cadangan bila terjadi hal diluar perkiraan.

Melupakan Budget Awal (Dan Kekurangan Uang)

Ada tujuannya mengapa kita membuat budget dalam rencana perjalanan. Agar kita bisa menghemat dan bertahan jika ada biaya tak terduga selama traveling. Namun, jangan sampai hal ini menjadi pembatas kita. Jadikan kesempatan ini untuk bisa mengeksplor tempat asing dengan cara yang unik dan kreatif.

Tidak Memback-up File Foto Dan Kehilangan Momen Berharga

Guys, kita tidak boleh beranggapan hanya karena tempat yang kita tuju adalah tempat wisata terkenal atau menurut buku panduan daerah atau kota tersebut aman, maka tidak akan terjadi apa-apa. Salah Besar! Pencurian bisa terjadi dimana-mana. Dan salah satu targetnya adalah wisatawan atau orang asing yang lengah. Dengan demikian, bisa jadi kamera atau handphone kita yang dicuri.

Jika tidak ada pencurian atau kehilangan, maka bisa jadi giliran virus. Jadi untuk menghindari ini, ada baiknya kita meng-copy file ke flashdisk atau CD atau upload di situs seperti Flickr secara berkala. Kesalahan ini sangat menyakitkan karena foto atau video kenangan adalah salah satu hal berharga yang kita dapatkan dari liburan.

traveling

Tidak Membaca Jadwal Reservasi

Kesalahan umum lainnya adalah tidak mengecek reservasi yang telah kita buat! Ingat kita bisa lupa, jadi sehari sebelum keberangkatan cek kembali reservasi pesawat atau reservasi hotel dan lainnya. Kita tidak ingin kan pergi ke bandara terlalu mepet dengan jadwal terbang atau malah ketinggalan pesawat?

Juga sebaiknya, kita sudah ada print reservasinya di kantong atau bisa simpan salinan elektroniknya di dalam handphone kita. Jadi saat dibutuhkan, tinggal tunjukkan saja.

Tidak Ada Asuransi Perjalanan

Banyak wisatawan memilih tidak membeli Asuransi Perjalanan dengan alasan untuk menghemat uang, padahal asuransi ini penting banget lho. Mempunyai asuransi ini akan membuat kita lebih merasa aman, karena asuransi mencakup biaya pembatalan tiket pesawat, kehilangan bagasi, penundaan perjalanan, keadaan darurat medis, dan sebagainya.

Tidak Mendengarkan Nasehat Orang Lokal

Perhatikan apa yang penduduk setempat katakan. Biar bagaimana up to date-nya informasi dari buku panduan atau kecanggihan teknologi, tidak ada yang bisa menyamai pengetahuan penduduk setempat mengenai daerahnya sendiri.

Setidaknya pertimbangkan dan evaluasi saran dari mereka. Siapa tahu saran mereka yang berharga akan menghindarkan kita dari perampokan atau membantu menghemat banyak uang.

traveling

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan ya agar traveling kita lancar dan menyenangkan. Jangan samapai malah kita jadi BT pulang dari traveling!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top