Traveling

Buat Paspor Online dan Perpanjang Paspor Paling Mudah

Sayaajarkan – Di tahun 2018 ini, membuat paspor sekarang diwajibkan melalui online. Jadi udah ga bisa lagi kita antri pagi-pagi untuk ngurus paspor tanpa sebelumnya mendapatkan antrian via online. Nah ribet gak sih sebenernya prosedur pembuatan atau perpanjangan paspor online?

Bagi yang suka traveling, salah satu barang yang harus dimiliki adalah paspor karena dengan paspor inilah kita bisa pergi ke luar negeri. Gak lucu kan kalo kita udah pesen tiket ke luar negeri baik untuk kebutuhan jalan-jalan, bisnis/meeting, maupun berobat, eh harus ditunda karena kita harus buat paspor dahulu.

Menjawab pertanyaan di awal tadi, gak ribet kok, guys. Buat paspor online atau perpanjang paspor sekarang sudah sangat mudah!

Syarat Membuat Paspor Online

Sebelum membuat paspor online, pastiin ya kita memenuhi beberapa syarat berikut ini:

Untuk warga negara Indonesia (WNI):

– Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
– Kartu Keluarga (KK)
– Akta kelahiran atau surat baptis
– Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
– Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor

Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka syarat pembuatan paspor online adalah:
– KTP kedua orang tua yang masih berlaku
– Kartu Keluarga (KK)
– Akta kelahiran atau surat baptis
– Buku nikah orang tua atau akta perkawinan
– Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya

Langkah-Langkah Pembuatan Paspor Online

Kunjungi Website Imigrasi

Jika semua syarat membuat paspor online terpenuhi dan sudah disiapkan, langkah berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mengunjungi website resmi imigrasi. Kita bisa mengunjungi website nya di http://www.imigrasi.go.id. Setelah berhasil masuk di halaman utaman website, pilih opsi Layanan Publik-Layanan Online, lalu pilih Layanan Paspor Online.

Setelah masuk, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah login. Jika belum punya, maka registrasi dulu ya guys. Nah nanti tinggal pilih deh kita mau ke Kantor Imigrasi mana dan tetapkan jadwalnya.

paspor online

Layanan Paspor Online. Image. Credit Photo: imigrasi.go.id

Isi Formulir

Langkah selanjutnya dalam cara bikin paspor online adalah mengisi formulir. Karena kelengkapan data adalah hal yang sangat penting, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengisi formulir data diri.

Lakukan Pembayaran & Konfirmasi Pembayaran

Setelah semua data terisi dengan lengkap dan benar, maka kemudian kita diharuskan membayar biaya administrasi sesuai dengan tarif yang diberlakukan oleh pihak imigrasi. Setelah kita melakukan pembayaran, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran, ya.

Pergi ke Kantor Imigrasi, Verifikasi Berkas & Wawancara

Setelah semua proses permohonan telah dilakukan lewat website imigrasi, langkah berikutnya adalah pergi ke kantor imigrasi untuk verifikasi berkas dan melakukan wawancara. Biasanya untuk wawancara, yang sering ditanyakan adalah mengenai tujuan kita membuat paspor.

paspor online 2

Kantor Imigrasi terdekat untuk wawancara dan mengambil paspor. Credit Photo: tiket.com

Ambil Paspor

Akhirnya semua proses pembuatan paspor telah selesai. Terakhir, paspor kita sudah siap diambil di kantor imigrasi tempat mendaftar.

Terbukti kan kalau syarat dan cara membuat paspor secara online itu ternyata emang mudah banget. Syarat bikin paspor juga juga nggak ribetkan? Yang penting, syarat pembuatan paspor online ini harus kamu penuhi semua dan kamu mengikuti prosedur yang berlaku .

Buat kamu yang ingin traveling ke luar negeri tapi belum punya paspor, ada baiknya memang kita menyiapkan paspor dari sekarang. Soalnya butuh atau enggak butuh sekarang, suatu saat nanti paspor itu pasti akan berguna kok.

Kalo proses tadi masih terlalu ribet buat dilakuin apalagi kalo pembutan paspor atau perpanjangan paspor sifatnya urgent. Hubungi info@sayaajarkan.com. Kita bisa bantu kalian 🙂

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top