Traveling

Wisata Anti Mainstream: 9 Lokasi Memukau di Korea Utara

Wisata anti mainstream di Korea Utara. Credit photo: Thousand Wonders

Sayaajarkan – Tahukah kamu, di balik tertutupnya Korea Utara dari dunia luar, terdapat banyak destinasi wisata anti mainstream yang keren.

Supaya enggak penasaran, sayaajarkan akan merangkumkan 9 tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Korea Utara.

Tak perlu takut tersesat karena sejak tiba kita akan didampingi oleh pemandu wisata yang sudah disediakan langsung oleh pemerintah Korea Utara.

Serunya Wisata Anti Mainstream ke Korea Utara

Kaesong Koryo Museum. Credit photo: Tripadvisor.

Kaesong Koryo Museum, Saksi Bisu Perjalanan Panjang Bangsa Korea

Lokasi wisata anti mainstream yang pertama adalah Museum Koryo yang menyimpan banyak sekali artefak dari kerajaan Koryo (918-1392). Nama Korea sebenarnya sebuah turunan dari kata Koryo. Di museum ini kita akan menyaksikan bagaimana kehidupan rakyat Korea kuno di zaman dahulu.

Ada ribuan benda peninggalan yang sangat berharga di sini. Jika  sedang trip ke Korea Utara, museum ini adalah tujuan yang sangat tepat. Karena di sinilah sejarah Korea dimulai hingga akhirnya nanti terpecah dua.

Juche Tower. Credit photo: Atlas Obscura.

Juche Tower, Nikmati Keindahan dari Sisi Lain Pyongyang

Korea Utara juga mempunyai sebuah menara tinggi yang bisa kalian kunjungi untuk melihat keindahan kota Pyongyang. Nama menara ini adalah Juche Tower. Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan Menara yang di bangun di tengah kota, Juche Tower setinggi 170 meter membuat wisatawan yang datang bisa melihat secara keseluruhan pemandangan Kota Pyongyang dari atas ketinggian.

Bangunan ini merupakan sebuah hadiah ulang tahun Kim Il Sung yang ke 70. Tower ini adalah kebanggaan orang Korea Utara. Seperti namanya, tower ini adalah simbol ideologi politik Juche yang diperkenalkan oleh Kim Il-sung. Menara ini mulai beroperasi pada tahun 1982 dan tersusun dari ribuan batu putih.

Saat malam tiba, Menara ini terlihat jelas karena lampu yang meneranginya bersinar cukup terang. Ada juga tayangan video pembuatan Juche Tower yang ditayangkan di lantai dasar Menara.

Sejarahnya Menarik

Victorious War Museum. Credit photo: Enrico Pescantini

Victorious War Museum

Dibangun pada tahun 1953, Pembangunan museum ini ditujukan untuk menunjukan kehebatan Kim Il Sung dalam mengorganisir militer dan segala bentuk prestasi kemiliteran negara Korea Utara. Victorious War Museum terletak di pusat kota Pyongyang.

Di tempat ini kita akan menyaksikan banyak sekali kendaraan perang dan juga senjata yang dahulu pernah digunakan tentara Korea Utara saat pecah perang Korea.

Arch of Triumph. Credit photo: Wikipedia.

Arc of Triumph

Bangunan ini mirip dengan Paris Arc de Triomphe. Arc of Triumph Pyongyang adalah sebuah bangunan triumphal arc terbesar kedua di dunia setelah Monumento a la Revolucion di Meksiko. Bangunan megah yang terletak di sebelah utara Pyongyang ini digunakan sebagai penanda kekuatan Korea Utara saat melawan Jepang di tahun 1925-1945. Kala itu Jepang terus menggempur semenanjung Korea, namun kekuatan dari Kim Il-sung sebagai Jendral Perang merontokkan seluruh pasukan Jepang.

Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 60 meter dan lebar mencapai 50 meter. Terdapat 25.500 batu granit yang melapisi bangunan indah ini. Angka 25.500 diambil karena memiliki arti sebagai jumlah hari peringatan 70 tahun Kim Il-sung. Di setiap 27 meter tinggi bangunan terdapat motif bunga Azalea. Selain itu, di bangunan yang memiliki banyak ruangan ini juga terukir lagu hymne untuk penghormatan terhadap Jendral Kim Il-sung. Lebih baik datangi tempat ini saat malam karena akan nampak indah dengan cahayanya yang memendar.

Memiliki Banyak Destinasi yang Seru

Gunung Paektu Credit photo: Science

Gunung Pektu, Keindahan Mutiara Terselimut Lebatnya Hutan Gunung

Gunung ini terletak di perbatasan antara Korea Utara dengan daratan China. Pemandangan gunung ini sungguh indah, ditambah jika kalian sudah sampai di Heaven lake. Danau ini terletak di Gunung Pektu dan memiliki pemandangan yang sangat menawan. Birunya air danau sangat jernih dan jauh dari sampah-sampah berserakan.

Kumsusan Palace of the Sun. Credit photo: Atlas Obscura

Kumsusan Palace of the Sun

Kumsusan Palace of the Sun adalah sebuah bangunan megah yang bisa ditemukan di pinggiran kota Pyongyang. Bangunan ini awalnya dibangun Kim Il-sung untuk dirinya dan juga sang anak, Kim Jong-il pada tahun 1976. Namun saat Kim Il-sung meninggal dunia pada tahun 1994, bangunan ini berubah fungsi sebagai mausoleum. Kim Jong-il merombak lagi seluruh bangunan hingga tampak lebih megah dan bisa mengungguli mauseloum terkenal dunia, Taj Mahal.

Jika datang ke tempat ini, nikmatilah arsitektur indahnya. Selain itu, tempat ini tidak buka setiap hari untuk warga umum atau wisatawan asing. Jadi saat ada pengumuman pembukaan, seluruh rakyat Korea Utara akan berduyun-duyun datang untuk memberikan persembahan pada presiden abadinya. Ke Korea Utara tanpa berfoto di depan istana matahari ini rasanya kurang afdol!

DMZ. Credit photo: Al Jazeera

DMZ (Korean Demilitarized Zone)

Jika mengunjungi kota Pyongyang kurang membuat kita merasakan sensasi wisata anti mainstream, cobalah kunjungi DMZ. Secara pengertian, DMZ merupakan batas negara yang dibuat setelah perang Korea usai. Batas ini membagi semenanjung Korea menjadi dua sama besar melalui 38 panel penjagaan yang ketat. Tak heran, suasana tegang akan terasa di sini.

The State Circus. Credit photo: CNN.

Pengalaman yang Tak Terlupakan

The State Circus

Pyongyang memiliki sebuah atraksi sirkus yang sangat hebat. Setiap malam pengunjung akan dihibur dengan atraksi penari yang sangat elastik bergelantungan di atas tali. Atau menyaksikan hewan-hewan lucu dan buas melakukan gerakan lucu sesuai dengan perintah pawangnya.

Sino Bridge. Credit photo: Wikipedia.

Sino Bridge

Sino Bridge ini merupakan jembatan persahabatan antara Tiongkok dan Korea Utara. Jembatan ini menghubungkan beberapa kota antara lain Dandong, Tiongkok, dan Sinuiju. Jika tertarik, kunjungi jembatan ini saat malam karena warna-warni sinar lampunya sangat indah.

Nah gimana? Ternyata Korea Utara punya tempat wisata yang cukup menarik kan? Jadi tunggu apa lagi, segeralah lakukan wisata anti mainstream kamu.

Sumber:
– https://www.idntimes.com/travel/destination/birgitta-angie/tempat-wisata-di-korea-utara/full
– https://www.boombastis.com/wisata-korea-utara/37829
– https://www.befreetour.com/id/read/6-tempat-wisata-korea-utara-untuk-kalian-pecinta-tantangan

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top