Traveling

Bagasi Berbayar: Tips Hindari Biaya Tambahan

Tips hadapi bagasi berbayar

Sayaajarkan – Salah satu penumpang Lion Air baru-baru ini terpaksa batal membawa oleh-oleh saat akan pulang ke Kalimantan. Dirinya dan kedua temannya terkejut lantaran harus membayar biaya kelebihan bagasi sebesar Rp 2,5 juta untuk barang bawaan mereka yang konon mencapai 30 kg.

Akhirnya, ketimbang harus merogoh kocek yang cukup besar, mereka memilih meninggalkan oleh-oleh berupa dodol dan kopi tersebut, dan meminta kerabat untuk mengambilnya di bandara.

“Gila kalau seperti ini namanya, bagus ditinggalkan sajalah oleh-oleh ini. Ngapain kami bawa hampir Rp 2,5 juta kami kena. Kami mau ke Kalimantan,” ujar penumpang bernama Taufik seperti dikutip dari Tribun.

Bagi yang belum tahu, sejak 22 Januari lalu, Lion air dan Wings Air memang telah menetapkan aturan bagasi berbayar untuk semua penerbangan domestik.

Para penumpang yang membawa barang bawaan di atas ukuran 40 cm x 30cm x 20cm dan berat 7 kg akan dikenai biaya tambahan dengan tarif yang berbeda-beda sesuai rute penerbangan.

Nah, jika di antara kita ada yang berniat untuk traveling dengan maskapai di atas, mungkin ada baiknya untuk kembali mengecek lagi barang bawaan yang akan kita bawa.

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan supaya terhindar dari biaya tambahan:

Tips Hindari Biaya Tambahan Bagasi

Selain jadi lebih nyaman, barang bawaan yang tak terlalu banyak juga akan membuat kita terhindar dari biaya tambahan. Credit photo: pixabay.

Supaya perjalanan jadi lebih nyaman dan terbebas dari biaya kelebihan bagasi, mulailah biasakan diri untuk tak membawa barang bawaan dengan jumlah berlebihan saat bepergian.

Hitung berapa lama kita akan berada di luar kota, lalu penuhilah kebutuhan akan pakaian, perlengkapan mandi, dan lain-lain seringkas dan seminimal mungkin.

Kalau memang tidak terlalu perlu, lebih baik tidak usah dibawa.

Setelah selesai packing, jangan lupa untuk selalu timbang kembali barang bawaan kita. Kalau melebihi batas maksimal, cek lagi, mungkin ada beberapa yang bisa kita kurangi.

Pertimbangkan memakai jasa pengiriman barang

Sikapi kebijakan bagasi berbayar dengan bijak. Credit photo: pixabay

Jika berniat membawa pulang oleh-oleh dengan jumlah besar, cobalah untuk tidak terlalu banyak membawa barang pribadi saat bepergian. Dengan begitu, kita akan punya banyak ruang untuk oleh-oleh.

Namun, kalau memang harus membawa barang dengan berat di atas 7 kg, kita bisa mempertimbangkan memakai jasa pengiriman barang.

Cek biaya kirim beberapa jasa pengiriman barang yang ada di kota tersebut, lalu bandingkan dengan biaya bagasi tambahan di bandara. Ingat, pastikan jasa pengiriman barang-nya aman dan bisa dipertanggungjawabkan.

Nah, bagaimana? Semoga membantu ya tipsnya.

Referensi:
-https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/22/060300526/hari-ini-tarif-bagasi-lion-air-berlaku
-http://wartakota.tribunnews.com/2019/01/24/ini-daftar-tarif-bagasi-lion-air-2018
-https://blog.citos.id/cara-packing-dalam-menghemat-bagasi-pada-pesawat-terbang/

Click to comment
To Top