Traveling

Traveling Murah: Tips Super Hemat Saat Bepergian

Traveling Murah? Kenapa Tidak? Credit photo: Eyeem.com

Sayaajarkan – Traveling bisa memberikan pengalaman berharga yang tidak dapat digantikan dengan uang. Selain menyegarkan pikiran, bepergian baik di Indonesia maupun ke luar negeri juga bisa menambah wawasan. Traveling pun tidak harus mahal. Zaman sekarang, traveling murah semakin mungkin dilakukan. Yang penting, tahu kiatnya.

Makanya jangan takut traveling! Dengan sedikit menabung semua bisa melakukannya, kok! Dan setelah uangmu cukup, tinggal atur saja sesuai kemampuan.

Nah, selain pesan tiket penerbangan murah jauh-jauh hari secara online dan tidur di penginapan murah alias hostel backpacker, begini caranya menghemat anggaran saat traveling di mana saja di seluruh dunia seperti dilansir dari The New York Times.

Tips Traveling dengan Biaya Murah

Packing secukupnya

Barang bawaan yang terlalu banyak bisa merepotkan. Selain membatasi pergerakan, akibatnya bisa menguras uang tambahan. Bayangkan saja harus membawa koper besar, kemana-mana. Mau tidak mau harus naik taksi bukan? Jadi mending backpackingan. Packing secara efisien!

Gunakan kartu SIM lokal

Meski asyik jalan-jalan, kita tetap butuh menggunakan koneksi internet lewat smartphone maupun laptop. Baik untuk chat, pesan tiket, cari jalan lewat Google Maps dan lain sebagainya.

Sayangnya, biaya roaming mahal banget. Jadi lebih baik ganti dengan kartu SIM lokal dan beli paket kuota internet termurah yang tersedia. Kalau bisa belinya jangan di daerah bandara, ya. Mahal! Di tempat-tempat biasa saja.

Beli kartu transportasi angkutan umum

Jangan naik taksi kemana-mana. Meski nyaman, harganya yang mahal bisa membuatmu bangkrut. Lebih baik naik angkutan umum seperti kereta subway, MRT dan lain sebagainya yang banyak tersedia di kota-kota besar.

Biasanya, ongkos berpergian menggunakan transportasi semacam ini akan lebih murah bila kita menggunakan kartu. Cashless jadi tidak harus ribet dengan uang tunai pula, kan? Tinggal gesek!

Supaya makin seru, cari teman yang punya pemikiran yang sama dengan konsep traveling kita. Credit photo: Nomadic Matt
Supaya makin seru, cari teman yang punya pemikiran yang sama dengan konsep traveling kita. Credit photo: Nomadic Matt

Jangan makan di tempat pariwisata

Hindari makan di tempat-tempat pariwisata saat traveling. Sudah bukan rahasia kalau segalanya lebih mahal di sana.

Jangan jadi turis. Lebih baik mengeksplorasi tempat-tempat yang didatangi masyarakat lokal sehari-hari dan mencari makan di sana. Biasanya selain harganya lebih murah, juga jauh lebih enak dan memberikan pengalaman yang lebih nyata!

Bagaimana? Siap traveling murah atau punya pengalaman dan tips lain yang patut masuk daftar? Share ke kami dong!

Click to comment
To Top