Traveling

Pertama Kali Liburan ke Jepang? Perhatikan 7 Hal Ini

Tips pertama kali liburan ke Jepang. Credit photo: Flipkey

Sayaajarkan – Rasanya tak akan ada orang yang menolak bila diajak liburan ke Jepang. Tak hanya memiliki alam yang indah, keunikan kulturnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang di seluruh dunia.

Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan sebuah negara kepulauan di Asia Timur yang letaknya di ujung barat Samudra Pasifik dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang memiliki empat musim dan termasuk sebagai salah satu negara berpenduduk padat di dunia.

Nah, kalau di antara kita ada yang berencana traveling ke Negara Matahari Terbit untuk pertama kalinya, ada baiknya membaca tips liburan ke Jepang yang telah kami rangkum berikut ini.

Tips bagi yang Pertama Kali Liburan ke Jepang

Selalu membawa uang tunai

Di luar segala kecanggihannya, Jepang masih merupakan masyarakat berbasis uang tunai. Untuk menyelamatkan diri dari kepanikan dan kerepotan mencari ATM, lebih baik selalu bawa uang tunai yang cukup saat bepergian di Jepang.

Pelajari beberapa kata dan istilah bahasa jepang sebelumnya

Banyak orang Jepang sulit memahami bahasa Inggris. Selain itu pengucapan bahasa Inggris mereka kadang berbeda dengan yang sering kita dengar. Karena itu, pelajarilah beberapa kata dan istilah di Jepang sebelum terbang kesana.

Mesin Penjual Otomatis Jepang dan Toko Konbini

90 persen dari mesin penjual otomatis yang akan kita lihat di Jepang hanya akan menjual minuman kaleng. Selebihnya menjual makanan ringan, souvenir kecil, majalah, dll.

Di Jepang juga terdapat toko serba ada atau Konbini yang sangat membantu perjalanan berwisata. Di toko tersebut, para karyawannya tidak sungkan untuk membantu kita, termasuk menghangatkan makanan yang ingin kita beli.

Dengan mengetahui informasi yang luas tentang Jepang, liburan pun jadi terasa aman dan menyenangkan. Credit photo: Elitereaders
Dengan mengetahui informasi yang luas tentang Jepang, liburan pun jadi terasa aman dan menyenangkan. Credit photo: Elitereaders

Aturan di Jepang

Sebenarnya ada banyak aturan dan norma-norma yang ada di Negara Jepang, tetapi ini adalah beberapa yang paling penting:

Patuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat Jepang

Selalu lepaskan sepatu ketika memasuki rumah, penginapan tradisional, spa dan pemandian.

Jangan berbicara di ponsel ketika menggunakan transportasi umum. Jika kita tidak dapat menghindari menerima panggilan, bisikkan dan akhiri panggilan dengan cepat.

Jangan pernah menempelkan sumpit secara vertikal ke dalam makanan. Di seluruh Asia Timur, ini merupakan persembahan bagi orang mati.

Jangan menunjuk orang hanya dengan satu jari, menyerobot antrian, dan kenakan masker saat pilek atau batuk.

Bawa pembersih tangan dan tas plastik

Di Jepang banyak tak menyediakan dispenser sabun di toilet umum. Jadi akan lebih baik kalau kita menyiapkan pembersih tangan sendiri.

Selain itu, di Jepang juga kabarnya sulit ditemukan tempat sampah di ruang publik. Hal ini konon diinisiasi sebagai tindakan anti-terorisme pada tahun 1995 setelah sebuah sekte menyerang kereta bawah tanah Tokyo dengan meninggalkan bahan peledak di tempat sampah umum.

Tato menjadi masalah di sumber air panas dan spa

Hampir semua mata air panas dan kolam renang umum Jepang menampilkan pemberitahuan yang melarang penggunaan tato oleh siapa pun. Ini karena tato secara tradisional dikaitkan dengan dunia kriminal Jepang.

Hotel kecil atau tradisional mungkin memberlakukan jam malam

Jangan lupa memeriksa kebijakan jam malam di tempat kita menginap. Beberapa penginapan menerapkan jam malam mulai pukul 22:00 hingga tengah malam. Tetapi ada juga hotel yang meminjamkan kunci jika kita kembali melebihi jam malam.

Selamat berlibur ke Jepang, ya!

Sumber:
– https://wanderwisdom.com/travel-destinations/25-Tips-for-Your-First-Solo-Trip-to-Japan
– https://www.forbes.com/sites/laurenorsini/2016/04/05/10-tips-for-traveling-to-japan-from-a-first-timer/#5f1376383e07

Click to comment
To Top