Traveling

TAHUKAH KAMU: Sejarah Unik Menara Eiffel?

Menara Eiffel. Credit photo: westjetmagazine.com

Sayaajarkan – Menara Eiffel merupakan ikon dari kota Paris yang terkenal di seluruh dunia. Berbagai turis dari mancanegara akan kita temui jika traveling ke sana.

Menara Eiffel gagah berdiri di tengah kota. Butuh 2 tahun, 2 bulan, 5 hari untuk membangun struktur besi tinggi tersebut hingga diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 untuk Pameran Dunia 1889.

Ada tiga cara untuk mengunjungi Menara ini. Yang pertama adalah dengan berjalan di sekitar pangkalannya yang gratis. Yang kedua dengan berjalan ke atas menggunakan tangga. Dan yang ketiga menuju lantai atas menara menggunakan lift. Ada dua jenis lift yang berbeda, satu pergi ke lantai dua dan yang lain pergi ke lantai paling atas.

Supaya pembahasannya semakin seru, berikut adalah fakta-fakta menarik yang mungkin kita belum tahu.

Sejarah Unik di Balik Menara Eiffel

Dibangun untuk dihancurkan

Menara Eiffel seharusnya dihancurkan dua puluh tahun setelah pembangunannya. Terlebih lagi, orang Paris dan seniman pada waktu itu membencinya. Mereka bahkan memulai petisi agar menara dibongkar. Gustave Eiffel tidak ingin itu dihancurkan, jadi dia memberikan tujuan baru, dan mengubahnya menjadi antena radio besar. Menara ini menjadi bernilai tinggi selama Perang Dunia I.

Bangunan tertinggi di dunia selama 42 tahun

Setiap 7 tahun, menara yang terbuat dari besi ini harus dicat ulang dengan sekitar 60 ton cat. Menara dengan tinggi 1.063 kaki ini hampir setengah abad menyandang gelar bangunan tertinggi di dunia. Setelah akhirnya dikalahkan oleh Gedung Empire State di New York.

Mayoritas penduduk Paris belum pernah sampai ke puncak Eiffel

Menara ini merupakan salah satu landmark terbesar di Paris. Ini adalah salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan 7 juta pengunjung per tahun. Namun sebagian besar warga Paris tidak pernah sampai ke puncak menara, walaupun sudah hidup di Paris berpuluh-puluh tahun.

Gustave Eiffel bukan perancangnya

Gustave Eiffel tidak merancang menara besi yang terkenal ini. Dua insinyur yang bekerja untuknya di Compagnie des Établissements Eiffel-lah yang mengerjakan rancangannya. Dua insinyur ini bernama Maurice Koechlin dan Émile Nouguier. 72 nama orang yang ikut berjasa dalam pembuatannya juga terukir di menara.

Kemegahan yang terlihat dari bawah menara. Credit photo: Tiqets
Kemegahan yang terlihat dari bawah menara. Credit photo: Tiqets

Menara Eiffel tumbuh di musim panas

Menara Eiffel mengembang di musim panas dan akan menyusut di musim dingin. Hal yang sangat luar biasa untuk menara sebesar ini. Selama musim panas, ekspansi termal menyebabkan logam tumbuh atau mengembang. Bahkan menara Eiffel dapat tumbuh sekitar tujuh belas sentimeter.

Sumber:
– https://www.walksofitaly.com/blog/paris/eiffel-tower-information
– https://www.discoverwalks.com/blog/top-5-fun-facts-about-the-eiffel-tower/

Click to comment
To Top