Info Feed

5 Fakta Menarik di Balik Kemegahan Borobudur

Megahnya Candi Borobudur. Credit photo: Borobudurpark.com

Sayaajarkan – Sudah pernah berkunjung ke candi Borobudur? Banyak yang mengira candi ini berada di Yogyakarta, padahal lokasi sebenarnya ada di kabupaten Magelang, sekitar 45 menit dari Jogja bila ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Borobudur adalah kompleks candi Buddha terbesar di Asia Tenggara dan termasuk salah satu dari UNESCO World Heritage Site.

Buat yang suka traveling dan foto-foto, banyak spot indah yang bisa kita ambil di lokasi yang sangat luas ini. Foto-foto tersebut pasti akan berkesan dan bisa jadi menjadi kenangan seumur hidup. Nah supaya kita lebih mengerti tentang lokasi wisata yang satu ini, yuk kita simak fakta-faktanya.

FAKTA-FAKTA MENARIK TENTANG CANDI BOROBUDUR

Pernyataan kontroversial W.O.J. Nieuwenkamp

W.O.J. Nieuwenkamp menyebutkan bahwa daratan Kedu dulunya adalah danau purba kontroversial. Menurutnya, Borobudur adalah lambang dari bunga teratai yang mengapung di atas permukaan danau purba. Nah, daratan Kedu lah yang disinyalir sebagai danau purba. Namun, hipotesa W.O.J. Nieuwenkamp masih menjadi perdebatan para ahli. W.O.J. Nieuwenkamp adalah seniman dan arsitektur Hindhu Buddha.

Pemandangan Borobudur dari kejauhan. Credit photo: Detik News
Pemandangan candi ini dari kejauhan. Credit photo: Detik News

Thomas Raffles adalah orang yang pertama kali memperkenalkan candi Borobudur kepada dunia

Thomas Raffles mulai memperkenalkan candi ini kepada dunia pada tahun 1814. Raffles adalah gubernur jenderal Inggris atas Pulau Jawa. Selama masa jabatannya di Jawa, dia menulis sebuah buku berjudul The History of Java atau Sejarah Pulau Jawa. Dalam bukunya, Raffles menggambarkan tentang penemuannya yang berupa gundukan bebatuan besar yang terkubur tanah dan tertutup semak belukar.

Arti nama Borobudur masih menjadi perdebatan para sejarawan

Dalam situs Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Borobudur berarti pohon kehidupan yang tumbuh subur di sekitar candi. Sedangkan Raffles mengartikannya dalam 3 versi nama, yaitu yang berarti ‘Buddha Agung’ (Boro= Agung, Budur= Buddha), ‘Tempat yang Kuno’ (Boro= nama daerah, Budur= kuno), dan ‘Banyak Buddha’ (Boro= Banyak, Buddur= Buddha).

Serangan bom

Tahun 1980-an candi ini pernah mendapatkan serangan bom yang merusak setidaknya 9 stupa. Hal tersebut disinyalir dilakukan oleh seorang pemimpin radikal yang akhirnya dijebloskan ke penjara.

Potongan candi Borobudur juga tersebar di beberapa negara dunia

Sebagian relik candi ini juga tersebar di 6 museum di beberapa negara dunia. Bukan hanya di museum-museum dalam negeri, tetapi juga berada di Museum Nasional Bangkok sampai Museum Louvre, Paris.

Sumber:
– https://phinemo.com/fakta-mengejutkan-di-balik-candi-borobudur/
– https://www.hipwee.com/feature/nggak-ada-orang-indonesia-yang-nggak-tahu-borobudur-tapi-10-fakta-ini-bakal-buat-kamu-kaget/
– https://satujam.com/candi-terbesar-di-dunia/

Click to comment
To Top