Apps

Tutorial Pembatalan Tiket Kereta Api Tanpa ke Stasiun, Mudah Kok!

Kereta api. Credit photo: Shutterstock

Sayaajarkan – “Siapa cepat dia dapat,” kalimat ini akan terdengar relevan bagi kita yang berencana pergi ke suatu tempat menggunakan transportasi jenis Kereta Api. Terutama ketika menjelang hari besar.

Di luar berhasil atau tidaknya kita mendapatkan tiket kereta api, terkadang ada peristiwa tak terduga yang memaksa kita untuk membatalkan tiket yang sudah berhasil dibeli. Opsi ‘membiarkannya hangus’ lantas sering dipilih lantaran kita malas untuk mengantri di stasiun.

Tidak perlu mengantri lagi untuk membatalkan tiket. Credit photo: Tripzilla
Tidak perlu mengantri lagi untuk membatalkan tiket. Credit photo: Tripzilla

Nah, buat yang tiketnya sering hangus, lebih baik segera setop kebiasaan itu karena sekarang kita tak perlu meninggalkan tempat tidur untuk melakukan pembatalan. Simak tutorial-nya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Mudahnya Pembatalan Tiket Kereta Api dengan App KAI Access

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengunduh aplikasi KAI Access di smartphone kita. Aplikasi gratis ini bisa kita temukan di Google Play maupun di App Store.

Setelah berhasil terinstall, lakukanlah pendaftaran dengan meng-klik menu ‘more’, piih ‘setting’, lalu mengisi formulir di tombol ‘account’. Isilah semuanya dengan lengkap dan tekan ‘simpan’ untuk menyelesaikannya.

Masukan Kode Booking

Usai mendaftar, pilih menu ‘my trip’, lalu masukan kode booking sehingga detail rencana perjalanan kita muncul di layar.

Begitu tersimpan, akan ada dua pilihan yakni ‘ubah jadwal’ dan ‘pembatalan’. Isilah masing-masing persyaratan yang diminta dan permintaan kita akan segera disetujui. Mudah bukan?

KAI Access, "semudah update status."
KAI Access, “semudah update status.”

Sedikit catatan, biasanya kode booking yang bisa dimasukkan hanyalah kode yang berisikan nama kita sebagai penumpangnya. Jadi jika ada teman atau anggota keluarga yang minta bantuan serupa, mintalah ia untuk menginstall terlebih dahulu app KAI Access di smartphone miliknya.

Satu lagi, kalau kita melakukan perubahan jadwal maupun pembatalan tiket, kita akan dikenai potongan administrasi sebesar 25% dari harga tiket yang kita beli. Khusus untuk pembatalan, sisa uangnya juga baru akan kita terima setelah hari ke-30 hingga ke-45 sejak pembatalan dilakukan.

Jadi, supaya tidak sering kena potongan administrasi 25%, biasakan untuk selalu teliti saat membeli tiket kereta, ya!

Click to comment
To Top