Otomotif

Tips Memilih Helm yang Baik dan Benar

Tips memilih helm yang baik dan benar. Credit Photo: Thoughtco

Sayaajarkan – Helm berfungsi sebagai pelindung kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan dan menghindari debu atau benda lain di saat berkendara. Banyak risiko fatal akibat kecelakaan bisa dihindari berkat pemakaian helm.

Itu sebabnya, memakai helm diwajibkan bagi setiap pengendara dan penumpang motor. Aturan itu jangan dijadikan beban, apalagi dilanggar. Sebab kebaikan aturan itu untuk kita juga. Agar selamat saat berkendara.

Tips memilih helm yang benar

Jangan asal dalam memilih dan memakai helm seperti di foto ini. Sayangi kepala anda sendiri. Credit Photo: 2strokeworld.com

Lalu, bagaimana memilih helm yang baik dan benar? Sini saya ajarkan:

Ada Harga, Ada Rupa

Yang pertama harus diperhatikan adalah logo SNI (Standar Nasional Indonesia). Helm berlogo SNI menandakan helm tersebut telah memenuhi kriteria standar produk yang baik.

Kedua, helm yang berkualitas biasanya juga ditentukan dari harganya yang sedikit mahal. Maklum, kualitas dan mutu bahan baku untuk membuatnya benar-benar pilihan, jadi mempengaruhi harga.

Tapi nggak ada salahnya beli helm mahal, soalnya helm yang akan kamu gunakan bakal melindungimu dari benturan. Ingat, kita harus lebih sayang pada kepala kita sendiri!

Pilih Helm yang Nyaman Dipakai

Sekarang, produsen helm telah menyediakan helm dengan berbagai ukuran. Jadi, kita bisa memilih helm sesuai ukuran kepala.

Pilih helm yang pas, jangan sampai kekecilan atau sempit saat kita gunakan. Memakai helm yang tidak pas dengan ukuran kepala akan mengganggu konsentrasi saat berkendara. Helm yang pas dengan kepala juga akan menghindari kamu dari cedera kepala yang parah karena benturan.

Pilih Helm yang Memiliki Dua Kaca

Maksudnya memilih dua kaca yaitu: putih dan hitam. Kaca putih untuk digunakan malam hari dan hitam digunakan siang hari. Fungsinya supaya mata kita tidak melihat terlalu gelap saat malam dan nggak terlalu silau saat berkendara siang hari.

Tips memilih helm yang benar

Contoh helm yang memiliki dua kaca. Credit Photo: Tokopedia.

Bentuk Helm

Ada dua jenis helm dari segi bentuk yang kita kenal: half face dan full face. Helm half face atau setengah wajah cocok digunakan untuk berkendara di dalam kota saja. Untuk touring atau berkendara jauh ke luar kota, sebaiknya menggunakan helm yang menutup seluruh wajah atau full face.

Key Lock

Helm memang kelihatan sepele, tapi kalau hilang di parkiran bikin sebal juga. Nah, dengan key lock helm dapat digembok sehingga nggak mudah hilang dicuri.

Sejumlah helm sudah disertai sistem key lock. Bentuknya bervariasi. Ada yang menggunakan tali baja sebagai pelindung. Ada juga yang manual berupa gembok kecil di tali helm.

Sumber: Motodream, no. 52, Juni 2013.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top