Otomotif

Rantai Motor: Cara Membersihkan yang Gampang dan Benar

Tutorial bersihkan dan rawat rantai motor.

Sayaajarkan – Saking sibuknya, kadang kita jadi lupa untuk memeriksa dan merawat rantai motor. Padahal meski terlihat sepele, kondisi rantai kurang terawat bisa berakibat fatal.

Ogah dong putus atau rusak di tengah jalan? Nah, makanya, meski tidak sempat menservis sepeda motor ke bengkel, ada baiknya jangan menganggap remeh hal-hal yang harusnya bisa cepat dicegah dan ditangani sendiri di rumah.

Jangan malas membersihkan dan merawat rantai motor kita. Selain akhirnya merepotkan, kan mahal loh kalau harus beli baru!

Supaya tidak cepat rusak, sini saya ajarkan cara mudah membersihkannya, Gampang, kok! Tapi jangan sampai salah, ya! Supaya rantai awet, jangan asal sekedar menyemprotnya dengan air.

Begini langkah-langkahnya:

Tutorial Bersihkan Rantai Motor

Pasang standar tengah dan goyangkan rantai

Pasang standar tengah motor. Coba goyangkan rantai ke kanan-kiri dan menariknya ke belakang. Jika sangat kendur bahkan setelah dikencangkan, berarti rantai sudah aus dan sebaiknya diganti.

Cek juga sprocket gear alias roda penggerak bergeriginya apakah masih dalam keadaan baik. Biasanya rantai dan sprocket gear diganti secara bersamaan.

Hilangkan kata “irit” untuk urusan yang satu ini. Credit photo: PARK(Ing) Day

Bersihkan dengan cairan khusus dan sikat gigi bekas

Bila setelah memeriksa keadaan fisik rantai dan sprocket gear tadi kondisinya masih baik, kini saatnya membersihkan. Semprotkan rantai dengan cairan penetran atau bisa juga minyak tanah. Diamkan beberapa saat supaya kotoran rontok.

Setelah beberapa saat, bersihkan rantai yang telah dilumasi oleh cairan peneran tadi dengan sikat khusus atau sikat gigi bekas. Sikat rantai dengan perlahan dan teliti, pastikan seluruh debu dan kotoran yang menempel hilang.

Setelah disikat, semprotkan kembali rantai motor dengan cairan penetran atau minyak tanah supaya benar-benar bersih dari sisa kotoran. Setelah benar-benar bebas dari kotoran, saatnya dibersihkan dengan lap kering.

Langkah terakhir, lumasi mata gear dan rantai dengan cairan chain lube secara merata.

Say no to oli bekas!

Jangan sekali-sekali melumasi rantai motor kita dengan oli bekas! Percuma saja sudah dibersihkan.

Selain mengandung kotoran sisa dari proses pelumasan mesin, oli bekas hanya akan menjadi magnet debu dan kotoran menempel. Jadi hilangkan kata “irit” dari urusan yang satu ini.

Bagaimana? Mudah bukan membersihkan rantai motor kita?

Click to comment
To Top