Finance

Tips Bebas Hutang Secepat Mungkin

Sayaajarkan – Hutang adalah salah satu masalah kehidupan yang paling menjengkelkan. Belum lunas salah satu hutang kita, kita sudah terjerat dengan hutang lain. Baik itu pinjaman sekolah, pinjaman kartu kredit, cicilan mobil atau pinjaman lainnya, semuanya akhirnya membuat kantong kita kering. Jika kita terus memikirkannya dan mengganggu tidur kita, ini tentu akan menyebabkan stres yang berkepanjangan.

Tapi tidak usah khawatir, sebenarnya ini akan menjadi jauh lebih mudah daripada yang kita kira saat kita memprioritaskan melunasi hutang-hutang kita. Kuncinya adalah presistensi. Jadi jika kamu siap untuk melenyapkan hutangmu, ini adalah cara untuk melakukannya secepat mungkin!

Susun Hutang Berdasarkan Besarnya Bunga

Terkadang kita ingin sekali meletakan tagihan dan tidak pernah menyentuhnya. Tapi salah satu kunci utama dalam melunasi tagihan adalah mengetahui dimana saat ini kita berada. Seberapa besarkan hutang kita dan apa saja yang perlu dilunasi? Ambil tagihan tadi dan mulai susun dari yang terbesar ke yang paling kecil tagihannya.

Kemudian, lihat mana tagihan yang memiliki bunga paling besar. Bunga yang paling besar adalah yang paling banyak menghabiskan uang kita, maka bayarlah tagihan ini terlebih dahulu.

Kita jadi tahu apa yang kita hadapi, seberapa besar yang harus kita sisihkan untuk membayar tagihan yang paling besar.

melunasi hutang

Memiliki Tabungan Untuk Biaya Tidak Diduga

Akui saja, yang namanya keadaan tidak terduga selalu menimpa kita. Walaupun tidak terduga, namun keadaan ini harus membuat setiap orang siap menghadapinya. Tentu dengan menyisihkan tabungan tak terduga ini jangan sampai merusak rencana pelunasan hutang kita.

Sisihkan saja setiap bulannya Rp. 50.000- Rp. 100.000 (minimal) di luar dari uang yang disisihkan untuk pelunasan. Jika nanti memang ada kejadian yang tidak diduga menimpa kita, maka kita sudah ada tabungan untuk digunakan dari pada kita akhirnya meminjam kembali kepada sodara, bank, kartu kredit, atau bahkan rentenir.

melunasi hutangLakukan Pembayaran Minimun untuk Tagihan

Pastikan bahwa kita membayar tagihan minimal di setiap hutang yang kita miliki. Ini akan memberikan waktu buat kita bernafas. Jika ada salah satu tagihan dan memiliki bunga yang besar, maka coba untuk keluarkan uang yang lebih banyak di tagihan ini  sehingga tagihan di kemudian hari dapat mengecil. Tagihan yang lain, tetap dibayarkan dengan pembayaran minimum.

melunasi hutang

Buat Perencanaan dan Lupakan Benda Yang Tidak Dibutuhkan

Lakukan perencanaan keuangan tiap bulannya. Buat daftar kebutuhan yang harus dipenuhi dan barang-barang apa saja yang bisa ditunda atau kurang dibutuhkan. Paling mudah adalah dengan melihat pengeluaran kita bulan lalu.

Banyak orang menuliskan dalam HP mereka, buku notes mereka, atau ada juga yang membagi-bagi uang yang dimiliki ke dalam amplop. Amplop-amplop ini sudah di rencanakan akan digunakan untuk membeli hal yang diinginkan.

Dengan melakukan ini, maka pengeluaran kita menjadi terkontrol.

melunasi hutang

Membayar Lebih dari Benda Yang Tidak Dibutuhkan

Ini masih melanjutkan point yang di atas. Jika kita menemukan benda atau hal yang kurang atau bahkan tidak dibutuhkan dalam daftar pengeluaran bulan lalu, maka sebaiknya pengeluaran tersebut kita alihkan untuk menambah pembayaran hutang kita yang memiliki bunga paling besar.

Dengan demikian, maka semakin cepat kita dapat melunasi tagihan kita.

melunasi hutang

Jual Barang-Barang yang Tidak Dibutuhkan

Coba lihat sekeliling rumah kita. Apakah ada barang-barang yang tidak dibutuhkan dan memenuhi ruangan kita? Jika kita menemukan barang yang tidak dibutuhkan, maka mulailah untuk menjualnya. Sudah banyak sekali situs-situs yang mempermudah kita untuk menjual barang seperti di bukalapaktokopedia, dan di kaskus.

Uang ekstra bisa kita dapatkan untuk melunasi hutang dan bisa kita tabung juga.

melunasi hutang

Tingkatkan Pendapatan Kita

Jika kita sudah dapat melakukan hal-hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan pendapatan kita. Jika kita menyukai pekerjaan kita saat ini, namun gaji kita belum mendapatkan kenaikan, cobalah untuk melakukan side job di luar jam kerja. Kita bisa bisnis online, atau jika punya keahlian lain seperti mendesign atau membuat website, itu bisa menjadi pendapatan tambahan buat kita.

Hal lain tentunya dengan mencari pekerjaan yang membayar kita sesuai dengan yang kita inginkan.

melunasi hutang

Semoga tips ini dapat membantu mempercepat melunasi hutang-hutang kita. Terapkan dan sebarkan!

Video Credit: Clark.com

Click to comment
To Top