Personal

3 Kebiasaan di Tempat Kerja yang Bikin Kita Diremehkan

Credit Photo: Shutterstock

Sayaajarkan – Kebanyakan orang pasti ingin memberikan yang terbaik di tempat kerja. Namun, di luar niat hebat itu, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang secara tidak disadari bisa memperburuk citra kita. Kalau terus dibiarkan, kita bisa dianggap tidak kompeten oleh bos dan rekan-rekan kerja.

Nah, mumpung belum terlambat, mari kita pelajari beberapa di antaranya. Sini saya ajarkan:

1. Memakai emoji di email kerja

Keberadaan emoji memang sangat membantu untuk mengekspresikan perasaan kita dalam tulisan. Beberapa orang juga sering memakai emoji senyum untuk membuat tulisannya jadi terkesan ramah.

Namun, percaya atau tidak, memakai emoji di email kerja akan membuat kita sebagai pengirimnya jadi terlihat sedang main-main. Kalau terus dilakukan, bisa-bisa kita dianggap kurang profesional.

Jangan Lakukan ini di Tempat Kerja

Pakai emojinya pas lagi chat sama teman saja, jangan di email kerja. Credit Photo: Mashable.com

2. Sering bercanda yang tidak perlu

Bercanda boleh, tapi pastikan waktunya tepat dan isi candaannya elegan. Jangan hancurkan wibawa di tempat kerja dengan candaan yang hanya akan membuat orang tersenyum palsu atau bahkan risih.

Percaya deh, terlalu banyak bercanda di tempat kerja bisa membuat kamu terlihat kurang kompeten. Apalagi kalau candaannya sampai berbau seksis atau rasis. Orang-orang bisa pada ilfil nanti.

Jangan Lakukan ini di Tempat Kerja

Jangan terlalu sering bercanda saat sedang bekerja. Credit Photo: Disqus.com

3. Suka mengumpat dan mengeluh di tempat kerja

Kalau kamu terbiasa mengumpat dan sering mengeluh di tempat kerja, sepertinya ini adalah saat yang tepat untuk berhenti melakukannya.

Dalam sebuah survey, orang-orang yang sering mengumpat di tempat kerja cenderung diremehkan dan diragukan kepintarannya. Terlalu sering mengeluh soal pekerjaan juga bisa membuat partner kerja kita merasa capek mendengarnya.

Tanpa kita sadari, mengumbar ketidakmampuan kita dalam mengatur emosi di depan rekan kerja berpotensi membuat kita jadi kurang dihargai. Gak kebayang kan kalau kelakuan kita sampai terdengar ke telinga atasan?

Jangan Lakukan ini di Tempat Kerja

Mengumpat dan mengeluh bisa membuat suasana kerja jadi tidak nyaman. Credit Photo: Globalnews.ca

Nah, itu tadi 3 kebiasaan di tempat kerja yang secara tidak sadar bisa membuat citra kita jadi kurang baik. Kalau kalian punya tambahan, beritahu kita di kolom komentar ya guys.

Sumber:
– http://www.businessinsider.sg/things-that-make-you-look-unprofessional-2017-12/
– http://www.careerbuilder.com/share/aboutus/pressreleasesdetail.aspx?ed=12%2F31%2F2012&id=pr709&sd=7%2F25%2F2012

Click to comment
To Top