Personal

Kencan Online: Sederet Risiko Ini Menantimu Kalau Baper!

Bahaya Kencan Online. Credit photo: Adobestock

Sayaajarkan – Kecanggihan teknologi sejatinya memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Dengan internet, tak ada yang tak bisa dilakukan secara online. Mulai dari pesan makanan, ojek, beli tiket traveling, hingga mendapatkan jodoh. Pernah kencan online?

Khusus yang terakhir, entah kita mendapatkan kenalan melalui Tinder, situs chatting atau lain sebagainya, memang susah-susah gampang. Kalau beruntung, akhirnya kita mendapatkan pacar bahkan cinta sejati hingga dinikahi, namun bila sebaliknya, hmmm mimpi buruk dan galau lagi.

Sebelum terlanjur (atau bila sudah) terbawa perasaan alias baper, ada baiknya kita menyiapkan dan menjaga diri menghadapi segala kemungkinan terburuk.

4 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Dalam Kencan Online

Cat fishing

Cat fishing merupakan istilah yang merujuk kepada penipuan online. Biasanya, menggunakan modus hubungan romantis. Pelakunya menciptakan profil dan foto-foto palsu di internet untuk memikat korban. Berbagai hal menjadi motif, mulai untuk mendapatkan uang, hingga hanya sekedar bersenang-senang.

Gambar ini adalah harapan banyak orang saat kencan online. Sayangnya, banyak yang tidak jadi kenyataan. Credit photo: knowitallnancy.com
Gambar ini adalah harapan banyak orang saat kencan online. Sayangnya, banyak yang tidak jadi kenyataan. Credit photo: knowitallnancy.com

PHP

Para “pemberi harapan palsu” alias PHP ada di mana-mana baik di dunia nyata atau pun dunia maya. Perilakunya yang manis mampu membuat kita mengartikannya sebagai sesuatu yang spesial. Bisa jadi memang dia ada rasa dengan kita namun tidak ingin jadian, atau kita nya saja yang kegeeran dan salah menangkap sinyal. Apapun itu sebaiknya dihindari karena meninggalkan sakit yang luar biasa di hati. Susah move on nya!

Chemistry hilang

Segala keasyikan saat kita mengobrol lewat aplikasi pesan bisa saja menghilang saat bertemu orangnya langsung. Memang, dunia online bisa menunjukan jati diri kita yang sebenarnya karena memangkas rasa canggung saat bertemu langsung. Namun di sisi lain, perbedaan tersebut juga bisa membuat keakraban yang terjalin tak lagi muncul saat bertatap muka. Akibatnya, kita jadi kecewa bahkan ilfil alias “ilang feeling.”

You’re not the only one

Bukan rahasia lagi kalau kita bisa pedekate dengan siapa saja di dunia maya. Bahkan lebih dari satu orang sekaligus. Jadi sejak awal coba sadari kalau bisa saja si dia juga memperlakukan orang lain seperti caranya memperlakukanmu. Kalau akhirnya jadian dengan kita sih enak. Bayangkan bila dia memilih orang lain.

Berpikir kalau dia juga merasakan apa yang kita rasakan? Hmm, coba dipikir lagi. Credit photo: thinkstockphotos
Berpikir kalau dia juga merasakan apa yang kita rasakan? Hmm, coba dipikir lagi. Credit photo: thinkstockphotos


Kesimpulan

Okay, empat hal tadi memang membuat percintaan online jadi terdengar menyeramkan. Tapi tidak serta merta berhubungan lewat dunia maya lebih banyak negatif daripada positifnya lho. Yang penting selalu hati-hati. Di mana pun di seluruh dunia, ada orang jahat, tapi yang baik juga tak kalah banyaknya.

Punya pengalaman seputar hal ini? Share ke kami, dong!

Click to comment
To Top