Family

Ini 5 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak yang Didapat lewat Bermain

5 Manfaat bermain pada tumbuh kembang anak

Sayaajarkan – Bermain merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Ternyata dengan bermain, ada lima aspek tumbuh kembang anak yang bisa didapatkan, yakni fisik, emosi, kognitif, bahasa dan sosial.

Namun, salah satu tantangan terbesar bagi orang tua modern saat ini adalah susahnya menyeimbangi lima aspek tersebut, dan cenderung fokus ke aspek kognitif dengan penggunaan gadget dan internet sejak dini.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani mengatakan, setiap aktivitas anak harus sesuai dengan tahapan perkembangannya. Dengan bermain, ada 5 aspek tumbuh kembang anak yang bisa dikembangkan lebih optimal.

Lalu hal apa saja sih yang termasuk dalam lima aspek tersebut? Berikut penjelasannya.

Psikolog Anak & Keluarga, Anna Surti Ariani dalam acara Konferensi Pers Wonderfest, di Lewis & Carroll, Jakarta Selatan, Rabu (10/4). (Warta Kota/Mochammad Dipa)
Psikolog Anak & Keluarga, Anna Surti Ariani dalam acara Konferensi Pers Wonderfest, di Lewis & Carroll, Jakarta Selatan, Rabu (10/4). (Warta Kota/Mochammad Dipa)

5 Manfaat Bermain pada Tumbuh Kembang Anak

Fisik

Aspek fisik bermanfaat untuk menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halus anak. Melalui bermain tubuh anak aktif. Mereka melompat, berlari, berjalan, memegang, meraba, menggengam mainan, menarik benda, dan lain sebagainya.

Kognitif

Aspek kognitif bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi daya ingat dan keluasan wawasan. Seperti halnya saat anak-anak menyusun balok, mendirikan bangunan, mengecat dan lain sebagainya, itu melatih konsentrasi mereka untuk menyelesaikan permainan. Wawasan mereka pun bertambah dengan mengenal warna, bentuk, nama-nama hewan, dan masih banyak lagi.

Emosi

Saat bermain anak-anak berlatih untuk belajar mengalami semua jenis emosi dan mengendalikannya. Misalnya saat main sendiri mereka harus sabar ketika untuk bisa mengoperasikan suatu jenis mainan, mengikuti petunjuk, dan mematuhi aturan permainan. Saat main bersama mereka juga belajar mengalah dengan teman atau sabar saat harus bermain gantian.

Bahasa

Ketika bermain anak-anak menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Misalnya saat berkomunikasi dengan teman, dalam interaksi anak-anak menambah kosa kata. Begitu pula ketika anak-anak mengenal nama-nama mainan baru serta aturan dari permainan yang dimainkan, kosa kata mereka bertambah.

Sosial

Aspek sosial bisa didapat ketika anak-anak bermain dengan teman. Mereka belajar bersosialisasi, dengan saling mengenal, berinteraksi, bekerja sama, bahkan mencari solusi bersama.

Click to comment
To Top