Finance

Hidup Miskin Di Hari Tua? Say No Dan Lakukan Hal Ini!

hidup miskin

Sayaajarkan – Hidup miskin siapa sih yang mau. Makanya, sebelum menyesal di hari tua nanti saat kita pensiun dan tak mempunyai kemampuan lagi untuk merubah keadaan, sebaiknya sudah merancang dari sekarang arah masa depan.

Sini saya ajarkan bagaimana caranya supaya tidak hidup miskin di hari tua. Ngomong-ngomong, tenang saja, ini bukan iklan bisnis MLM atau “cara cepat kaya” bla bla bla yang annoying itu.

Okay, terus bagaimana dong? “Saya kan cuma karyawan biasa, tidak punya bisnis sendiri.”

Umm, kita tidak sedang membicarakan cara sukses jadi entrepreneur lalu menjadi kaya raya seperti Bob Sadino atau Sandiaga Uno. Bebas-bebas-bebas saja sih berapa gaji atau penghasilan kita saat ini. Sedikit atau banyak, yang penting adalah bagaimana gaya hidup dan cara kita mengelolanya. Bergaji 100 juta per bulan pun kalau tidak pandai, lambat laun pasti akan jatuh miskin juga.

Mungkin tips-tips berikut terdengar klise, tapi sayangnya yang klise nan sederhana inilah yang justru sering kita lupakan. Apa saja?

1. Hindari Hutang

Berhutang kadang memang tidak bisa dihindari. Apalagi saat kepepet. It’s okay. Bukan jangan sama sekali berhutang (negara aja ngutang), tapi minimalisirlah hutang kita. Berhutanglah hanya saat mendesak.

Jangan paksakan berhutang untuk mendapatkan barang-barang yang kurang penting. Misalnya, kalau kebutuhan komunikasi sudah lancar terpenuhi menggunakan handphone Android 2 jutaan, tidak perlulah mencicil dengan kartu kredit demi iPhone keluaran baru hanya karena ingin tampil mahal. Jarang yang peduli kok sebenarnya dengan sekeren apa handphone yang kita miliki.

Pentingkan karya, bukan gaya. Dengan begitu, kita jadi terhindar dari pengeluaran yang tidak mendesak. Uang yang tadinya akan digunakan untuk mencicil iPhone, bisa kita alihkan untuk tabungan atau keperluan yang lain bukan?

hidup miskin

2. Fokus Berkarier

Manfaatkan waktu kita yang panjang untuk bekerja keras. Jangan mudah merasa cukup (tapi juga jangan lupa bersyukur) dan terlena di zona nyaman. Takutnya kita malah tidak sadar sedang terjerat rasa malas. Masih banyak hal yang bisa diraih, berkarier sana-sini, mencapai posisi tertinggi.

Mendapatkan posisi yang baik saat berkarir seringkali membutuhkan kita untuk menjadi orang yang paling baik. Menjadi orang yang paling kerja keras, orang yang paling berdedikasi, orang yang paling kreatif, orang yang paling dapat diandalkan, dan hal-hal hebat lainnya yang seringkali akan menguras waktu dan tenaga. Namun tenang saja, saat karier sudah di tangan, rasanya yang lain akan mengikuti.

Seriously, jangan sampai nanti di usia yang sudah 40-50 tahunan kita hanya berkutat sebagai karyawan menengah atau bahkan entry level. Waktu tak bisa diputar kembali sedangkan kebutuhan semakin meningkat. Sudah banyak pasti kan contoh di sekitar? Nyesel lho nanti. Mumpung masih muda dan sehat. Jadilah ambisius dan say no untuk hidup miskin!

hidup miskin

3. Menabung untuk DP Rumah dari Sekarang

Daripada uang habis tak karuan, lebih baik disisihan sedikit demi sedikit untuk uang muka atau DP rumah. Nanti setelah terkumpul bisa langsung untuk menyicil rumah. Sekali kita punya rumah, meskipun belum lunas, kita jadi tak perlu lagi pusing memikirkan tempat tinggal. Dan, bisa sebagai investasi properti, harga rumah dan tanah kan selalu naik.

4. Persiapkan Dana Tabungan Pensiun

Mungkin rasanya masih lama sekali. Tapi waktu cepat sekali berlalu. Meski sekarang terdengar sedikit dan sepele, tapi bila saatnya tiba nanti, uang yang terumpul sebagai dana pensiun akan sangat terasa manfaatnya.

So, lebih baik secepatnya kita sisihkan penghasilan sedikit demi sedikit, berapa pun itu.

hidup miskin

Intinya teman-teman, jangan buang waktu percuma di masa muda! Terus berusaha, pantang menyerah dan selalu berdoa. Good luck!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top