Finance

Menabung: 5 Cara Bagi yang Gajinya Kecil

menabung, sayaajarkan

Sayaajarkan – Terkadang hal tersulit dari menabung adalah memulainya. Mungkin yang jadi pertanyaan adalah “Penghasilan saya sedikit, bagaimana caranya?”

Well, menabung bukan soal berapa penghasilan kita, melainkan usaha untuk mengoptimalkannya.

Ingat pepatah “Sedikit-sedikit lama-lama menumpuk menjadi bukit”. Jadi sedikit pun tak masalah.

Sini saya ajarkan lima langkah sederhana untuk memulai menabung meski berpenghasilan kecil, berdasarkan pengalaman pribadi dan dan menurut berbagai sumber.

1.Catat Pengeluaran

Langkah pertama adalah mencatat pengeluaran kita sekecil apapun setiap bulannya. Setiap gelas kopi, makanan kecil, semuanya.

Begitu data terkumpul, bagilah menjadi kategori-kategori seperti “makan“, transportasi”, “jajan”, “cicilan” dan sebagainya.

2. Buat Perencanaan Dana

Langkah kedua setelah mencatat semuanya adalah mencatat pengeluaran pasti setiap bulan.

Buatlah prioritas mana yang harus diutamakan dan tidak bisa ditawar, dan mana yang bisa dipangkas.

3. Tentukan Anggaran Tabungan

Usahakan untuk mengambil 10-15 persen dari gaji bulanan untuk masuk ke dalam rekening tabungan.

Bila ternyata pengeluaran prioritas kita (poin nomor 2) menyebabkan dana tabungan tak sampai angka tersebut, maka pangkaslah pengeluaran tak wajib. Ngopi-ngopi di kafe, terlalu sering jalan ke berbagai tempat demi mendapatkan selfie yang instagramable, dan hal-hal lainnya yang bisa dipangkas diluar pengeluaran prioritas.  Hal ini perlu dilakukan supaya dana tabungan mencapai 10 persen.

4. Tentukan Tujuan Menabung

Apa tujuan kita menabung membantu kita fokus dalam melakukannya. Jadi tentukanlah apakah kita ingin melakukannya untuk membeli motor baru, rumah, menikah, atau apa?

Saat kita mengingat kembali tujuan kita, rasa malas menabung akan sirna dan kita tak akan tergoda untuk menghambur-hamburkan uang.

5. Ikut Program Tabungan otomatis

Bank-bank banyak menawarkan program tabungan yang memotong secara otomatis sejumlah dana dari rekening kita setiap bulannya dimana total uang baru bisa kita ambil dalam jangka waktu tertentu. Cobalah yang setahun dulu.

Mungkin bunganya tak banyak, tapi setidaknya akan memaksa kita untuk menabung alih-alih menggunakannya untuk yang tak penting.

Well, lima langkah di atas berhasil untuk saya. Semoga berhasil juga untuk kita semua. Good luck!

Click to comment
To Top