Finance

Asuransi Mobil Lama, Ada Batas Usianya

Foto - SWVA

Sayaajarkan – Musibah tak pandang bulu. Mobil baru maupun mobil lama memiliki resiko yang sama. Itu sebabnya asuransi mobil masih jadi pilihan. Karena risiko kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, dimana dan kapan pun.

Asuransi berguna saat kendaraan mengalami insiden, dimana perusahaan asuransi bakal menanggung biaya perbaikan sesuai dengan perjanjian dengan pemilik. Namun, mengajukan asuransi kendaraan juga tidak bisa sembarangan. Sama seperti kredit mobil, asuransi juga menghitung batas usia maksimum kendaraan.

Pertimbangan usia ini sebenarnya menghitung dari depresiasi nilai mobil. Biasanya pihak asuransi memberikan syarat bahwa mobil yang ditanggung maksimal berusia 9 tahun. Ada beberapa faktor yang membuat rentang waktu ini menjadi ambang batas sebuah mobil layak atau tidak untuk mendaftarkan klaim asuransi khususnya all risk.

Ini seperti peringatan bagi pemilik mobil lawas atau calon konsumen yang akan mengajukan asuransi mobil lama. Proses yang dilakukan perusahaan untuk pengajuan produk pertanggungan menyeluruh (all risk) untuk mobkas sangat selektif. Penurunan nilai aset dari hari ke hari atas usia produksi sebuah barang membuat harga jual barang akan jauh dari nilai jual awal. Maka pihak asuransi akan banyak mempertimbangan persetujuan klaim untuk masuk ke tahap all risk.

Asuransi Mobil Lama

Risiko kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, dimana dan kapan pun. Credit Photo: www.onlinefinancesolution.com

Permasalahan Asuransi Mobil Lawas

Mobil yang telah cukup berumur biasanya mengalami penurunan fungsi dan performa sekalipun rutin dalam perawatan berkala. Ada beberapa kondisi yang tak dapat dihindari mobil lama, mulai dari kondisi kaki-kaki yang semakin tua atau kondisi mesin yang menurun.

Sebelum mengeluarkan asuransi mobil lama, Perusahaan asuransi selain melihat tahun pembuatan mobil lawas, juga akan memeriksa berbagai kelayakan seperti surat-surat, kondisi fisik kendaraan, jaringan bengkel resmi, sampai ketersediaan suku cadang.

Ada juga perusahaan asuransi yang memberikan syarat dan ketentuan untuk mobil yang ditanggung maksimal 20 tahun atau didasarkan pada seberapa banyak jumlah peredaran mobil antik tersebut yang didata lewat survei komunitas dan bengkel. Tujuannya, untuk memastikan bahwa mobil tersebut diterima oleh bengkel rekanan saat pengajuan klaim.

Umumnya survei terhadap kondisi mobil lama lebih detail ketimbang mobil baru. Sebab, banyak perusahaan asuransi yang kesulitan untuk dapat memutuskan keberanian untuk menanggung atau tidak atas biaya klaim ketika mobil tua yang diasuransikan. Selama pemakaian ini akan terjadi penurunan kualitas komponen (keausan), entah akibat sebab alami atau kesalahan dalam perawatan.

Perusahaan asuransi bakal menentukan nilai mobil lama berdasarkan harga yang bisa diperoleh dari berba­gai referensi. Referensi tersebut bisa melalui showroom atau iklan penjualan mobkas. Rate tergantung dari keingingan konsumen, ingin all risk atau TLO.

Satu sisi, pemilik mobil lawas juga enggan mengajukan asuransi untuk kendaraan mereka. Pemilik mobil memperhitungkan besaran biaya total premi yang mesti disetorkan langsung di awal lebih besar ketimbang mobil baru. Mobil baru dikenakan rate premi biasa sedang untuk mobil bekas dikenakan loading tambahan. Besarnya biaya loading tambahan ini tergantung kebijakan setiap lembaga asuransi. Beban ini biasanya dikaitkan dengan umur kendaraan. Semakin tua kendaraan, semakin besar pula loading tambahannya.

Asuransi Mobil Lama

www.thecheaperinsurance.com

Komprehensif atau TLO?

Cara menghitung biaya asuransi mobil antik umumnya berbeda-beda tiap perusahaan asuransi. Hal itu tergantung dari jenis dan harga kendaraan. Namun, secara umum tarif premi yang berlaku untuk mobil antik bersifat regresif. Maksudnya, apabila nilai pertanggungan yang ditetapkan makin mahal, maka makin kecil pula persentase tarif preminya. Jika Anda ingin mobil lawas mendapatkan perlindungan secara menyeluruh, perusahaan asuransi akan mewajibkan untuk menambah premi dari harga yang sudah ditetapkan.

Perusahaan asuransi menyediakan dua jenis layanan pertanggungan kepada pemilik kendaraan, termasuk untuk asuransi mobil lama. Jenis perlindungan (coverage) yang bisa diambil pemilik mobil lama yakni comprehensif dan total loss only (TLO).

Perlindungan komprehensif berarti jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sementara untuk TLO, jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Nilai kerusakan kendaraan tersebut di atas 75% dari nilai pertanggungan aktual.

Secara umum, untuk komprehensif batasannya hingga usia mobil 10 tahun, dan Total Loss Only (TLO) bisa mencapai 15 tahun usia kendaraan. Namun di luar itu, tinggal masalah kesepakatan antara pemilik mobil, dan penyelenggara asuransi untuk menjamin kendaraan tersebut.

Sumber:
http://autobild.co.id/Tips/Insurance-And-Finance/Inilah-Batas-Usia-Mobil-Bekas-Yang-Bisa-Diterima-Asuransi
http://autobild.co.id/Tips/Insurance-And-Finance/lindungi-mobil-bekas-anda
http://autobild.co.id/Tips/Insurance-And-Finance/Bisakah-Mobil-Antik-Diasuransikan

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top