Finance

Berniat Membeli Rumah? Jangan Abaikan 5 Tips Ini

5 Tips membeli rumah

Sayaajarkan – Berencana untuk membeli rumah dalam waktu dekat atau beberapa tahun ke depan? Sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Berikut ini tips-tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Disimak baik-baik, ya!

Yang Tidak Boleh Diabaikan dalam Membeli Rumah

Tidak harus menunggu lama

Hal ini karena nilai jual tanah dan rumah akan terus naik. Bahkan naiknya bisa melebihi jumlah uang yang kita tabung. Maka dari itu, kita tidak harus langsung membeli yang mewah jika budget kita masih kurang. Mulailah berinvestasi dulu dengan rumah yang sederhana.

Lokasi

Rumah yang berada di lokasi yang baik sudah dapat dipastikan harganya juga akan cepat tinggi. Faktor yang mempengaruhi baiknya sebuah lokasi adalah jangkauan transportasi umum, ketersediaan berbagai fasilitas umum, serta jauh dari potensi banjir dan bahaya lainnya.

Sebelum membeli, sebaiknya kita meninjau langsung lokasinya. Lakukan beberapa kali supaya kita benar-benar memahami nilai investasi rumah tersebut. Jangan lupa juga bertanya kepada penduduk sekitar mengenai asal muasal tanahnya.

Satu lagi, cobalah tanya ke yang jual rumah apakah lokasinya dijangkau oleh PAM. Karena jika lokasi tersebut dulunya adalah rawa, maka air tanahnya tidak layak untuk diminum.

Cek juga spesifikasi rumah yang akan kita beli, jangan sampai berbeda dengan info yang kamu dapat di iklan.

Buatlah perencanaan yang baik dalam membeli tempat tinggal. Credit photo: Realtor.com

Riset dan bandingkan sumber pinjaman

Jika berencana mendapatkan rumah baru dengan sistem cicilan atau KPR, maka sebelum membeli, ada baiknya kita membandingkan dulu tawaran KPR yang disediakan oleh beberapa bank.

Jangan lupa budget perangkat rumah

Sisihkan sebagian biaya untuk membeli perangkat dan isi rumah. Beberapa rumah ada yang sudah dilengkapi beberapa perangkat, tetapi ada juga yang tidak.

Pahami legalitas tanah yang akan kita beli

Jika kita ragu-ragu dengan kemampuan kita menganalisa dokumen-dokumennya, tidak ada salahnya membayar notaris untuk mengeceknya. Hal ini lebih murah daripada terjadi masalah di kemudian hari.

Sumber tambahan:

– https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/10-Tips-Membeli-Rumah-Bagi-Keluarga-Muda.page
– https://www.hipwee.com/sukses/buatmu-yang-berniat-membeli-rumah-untuk-pertama-kalinya-7-tips-ini-membuatmu-tak-lagi-buta/

Click to comment
To Top