Finance

Mengintip Rumah Sederhana Jokowi di Solo

Mengenal rumah sederhana Jokowi di Solo

Sayaajarkan – Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi kini menginjak usia 57 tahun. Beliau kini tengah mencalonkan diri kembali menjadi presiden dengan menggandeng K.H. Ma’ruf Amin

Jokowi merupakan sosok yang sederhana dan tidak sungkan berbaur dengan berbagai kalangan masyarakat. Bahkan rumah beliau pernah digusur sebanyak tiga kali ketika dia masih kecil.

Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung, serta pernah menjadi kuli panggul. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki.

Nah, sambil sedikit bernostalgia, mari kita tengok seperti apa sih rumah bapak Presiden yang satu ini di Surakarta?

Kediaman Presiden Jokowi di Solo. Credit photo: Tempo.co
Kediaman Presiden Jokowi di Solo. Credit photo: Tempo.co

Mengenal Rumah Sederhana Presiden Jokowi

Kena banjir

Siapa yang menyangka, walaupun sekarang menjabat sebagai presiden, rumahnya di Solo kadang terkena banjir jika curah hujan sedang tinggi.

Joko Widodo menuturkan bahwa rumahnya dulu merupakan rumah terkeren di Solo ketika baru jadi, tetapi entah mengapa sekarang menjadi rumah paling jelek.

Walaupun begitu, tanah di sekitar situ harganya cepat sekali melejit, mungkin karena dekat dengan rumah presiden kali ya. Beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai investasi yang menjanjikan.

Dibeli setelah 9 tahun mengontrak

Sebelum membeli rumah, Joko Widodo sempat mengontrak selama 9 tahun di sebuah rumah sederhana dengan 2 kamar tidur. Baginya tidak masalah karena dia juga tidak tertarik dengan fasilitas mewah dan lebih senang hidup sederhana. Beliau mulai mampu membeli rumah di tahun 1990 dengan luas 200 meter persegi dan harga dua puluh lima ribu rupiah per meternya.

Rumah sederhana dan asri

Rumah Joko Widodo berada di jalan Kutai Utara, Sumber, Solo. Beliau membuat nuansa rumahnya tampak sederhana, tradisional Jawa yang didominasi dengan kayu, dan asri dengan banyak tanaman dan hewan peliharaan.

Sejak kecil memang Joko Widodo gemar ikut kegiatan yang berbau alam. Selain itu beliau juga memelihara banyak unggas, sehingga semakin menimbulkan kesan nyaman saat mendengar suara-suara burung berkicau bersahutan.

Ada yang mau bertamu ke sana?

Sumber:

– https://www.moneysmart.id/5-fakta-soal-rumah-jokowi-di-solo/
– https://www.grid.id/amp/04960714/4-tahun-kepemimpinan-presiden-jokowi-tengok-hunian-sederhananya-di-solo?page=3

Click to comment
To Top