Self Development

Karier Ingin Cemerlang? Tinggalkan 4 Sikap Ini

Sayaajarkan – Pernah terpikir tidak, kok karier kita gini-gini saja ya? Kerja sudah lama sudah lama tapi gaji tak pernah naik, tak kunjung dapat promosi jabatan, dll. Padahal kalau dipikir, sepertinya kita pantas mendapatkan lebih.

Well, semua orang mungkin pernah merasakannya. Bisa jadi perusahaannya yang kurang menghargai karyawan sehingga kita harus mencari pekerjaan baru, atau bisa jadi juga malah diri kita sendiri biang keroknya.

Tak ada salahnya lho intropeksi diri. Dari pengalaman penulis Saya Ajarkan, coba deh tanyakan ke diri sendiri, apakah kita termasuk yang di bawah ini?

Anti Kritik

Tak ada yang sempurna di dunia ini, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan bisa berbuat salah. Terima, dan perbaiki.

Kalau kita sudah merasa sempurna, malas untuk terus belajar dari orang lain serta enggan menerima masukan, bagaimana mungkin kualitas diri meningkat?

Kalau kualitas diri segitu-segitu saja, wajar dong kalau karier kita ikutan stagnan? Terimalah kritik yang membangun, manfaatnya buat kita juga kan?

4 Sikap yang menghambat karier - Anti kritik

Kalau ingin karier bagus, terimalah kritik yang membangun, manfaatnya buat kita juga kan? Credit Photo: www.bussinesinsider.com

Gampang Baper

Saat menerima kritik atau teguran, jangan lah diambil hati. Ingat kalau semua ini hanya urusan profesional semata. Coba renungkan, benar tidak? Belajarlah menerima kritik dengan elegan.

Kalau sedikit-sedikit marah dan kesal, bagaimana bisa kita menemukan cela dan memperbaikinya jadi sempurna? Malas juga kan orang lain mengajak orang yang terlalu sensitif untuk bekerja sama? Pantas saja tak ada pintu rejeki baru terbuka buat kita.

4 Sikap yang menghambat karier - Gampang baper

Katanya ingin karier bagus. Tapi kalau sedikit-sedikit marah dan kesal, bagaimana kita bisa menemukan cela dan memperbaikinya jadi sempurna? Credit Photo: www.care2.com

Kurang Inisiatif

Pernah dengar kutipan dari founder Apple, mendiang Steve Jobs kan?

“Tidak lah masuk akal meng-hire orang pintar dan menyuruh mereka apa yang harus dilakukan. Kita meng-hire orang pintar untuk memberi tahu kita apa yang harus dilakukan,” kata dia.

Logis dong? Kalau kita tak mampu jadi solusi, bagaimana kesuksesan mau menghampiri?

4 Sikap yang menghambat karier - Kurang Inisiatif

Logis dong? Kalau kita tak mampu jadi solusi, bagaimana kesuksesan karier mau menghampiri? Credit Photo: www.news.dm

Kurang Ambisius

Ini dia yang paling gawat: terjebak di zona nyaman. Sudah dan cepat puas dengan keadaan sekarang, yang penting gajian lancar, malas berpikir lebih serta berinovasi, tak punya ambisi dan target tertentu yang harus dicapai, dll.

4 Sikap yang menghambat karier - Kurang Ambisius

Ini dia yang paling membahayakan karier anda: terjebak di zona nyaman. Credit Photo: siliconcanals.nl

Well, itu tak akan membawa kita kemana-mana! Masa tidak bosan jadi medioker? Yuk, berubah!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top